Breaking News:

Berita Trenggalek

Kontraktor Bendungan Bagong Selesaikan Perbaikan Seluruh Rumah Warga yang Terdampak Peledakan

Kontraktor Bendungan Bagong di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek memastikan rumah warga yang terdampak proses blasting akan diperbaiki

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Pekerja memasang asbes baru di rumah warga yang terdampak blasting. Saat ini, pihak kontraktor memastikan seluruh rumah yang rusak sudah diperbaiki 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Kontraktor Bendungan Bagong di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek memastikan rumah warga yang terdampak proses blasting atau peledakan telah rampung diperbaiki.

Proses perbaikan sejumlah rumah di Desa Sengon itu dilakukan mulai H+2 pasca kejadian atau Senin (9/8/2021). Proses itu memakan waktu sekitar tiga hari.

Project Manager PT PP Jatiwangi Kso Bendungan Bagong, Lilik Malikhi Anta, mengatakan, pembenahan rumah itu merupakan bentuk tanggung jawab pihak kontraktor atas dampak blasting yang terjadi Sabtu (7/8/2021).

“Jumlah rumah yang diperbaiki sebanyak sembilan rumah. Itu merupakan jumlah dari semua rumah yang terdampak,” kata Lilik, Jumat (13/8/2021).

Sebelumnya, pihak desa menyebut jumlah bangunan yang rusak ringan dan berat mencapai 21 unit. Jumlah itu terdiri dari 20 rumah dan 1 tempat ibadah. Namun, Lilik memastikan jumlah rumah yang rusak tak sebanyak itu.

“Kami sudah datang ke lokasi berkali-kali. Mengecek bersama perangkat desa dan warga. Dari sana kami temukan kerusakan terjadi pada sembilan rumah. Dan itu sudah kami benahi semua sampai tuntas,” sambung Lilik.

Mayoritas kerusakan di tiap rumah akibat kejadian itu meliputi genting dan asbes yang berlubang.

Baca juga: Buntut Kerusakan Rumah Warga, Proses Blasting Bendungan Bagong Trenggalek Dihentikan Sementara

Selain perbaikan rumah, pihak kontraktor juga melakukan penanganan kesehatan kepada salah seorang warga lansia yang terkejut setelah mendegar suara dari proses ledakan.

“Kami melakukan pengecekan kesehatan oleh tim medis yang setiap hari datang ke rumah warga tersebut secara berkala. Dan Alhamdulillah, kondisi beliau sampai saat ini dalam kondisi baik,” tutur Lilik.

Selain itu, pihak kontraktor juga telah menggelar sosialisasi ulang terkait pelaksanaan blasting lanjutan.

“Untuk pelaksanaan pekerjaan blasting selanjutnya, kami akan menambahkan beberapa metode kerja, seperti penambahan pagar pengaman blasting dan penggunaan selimut blasting. Ini akan kami pasang di titik peledakan sebagai antisipasi flying rock. Kami juga akan mengatur ulang jumlah titik ledakan supaya lebih aman,” sambung Lilik.

Setelah seluruh persiapan itu rampung, pihak kontraktor baru akan memulai kembali proses blasting setelah sempat dihentikan pascakejadian.

“Kami berharap, kegiatan ke depan akan lebih lancar sehingga proses pengerjaan Bendungan Bagong bisa selesai tepat waktu. Dengan demikian, manfaat dari bendungan ini bisa segera dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved