Breaking News:

Berita Banyuwangi

Sebelum Mendapat Remisi, Napi Banyuwangi Diberi Wawasan Kebangsaan Terlebih Dahulu

Sebanyak 496 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi mendapatkan remisi kemerdekaan

Penulis: Haorrahman | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Sebelum mendapat remisi para napi Lapas Banyuwangi mendapatkan ilmu wawasan kebangsaan dari TNI. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Sebanyak 496 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi mendapatkan remisi kemerdekaan. Tiga orang langsung bisa menghirup udara bebas. Sebelum mendapat remisi mereka mendapatkan ilmu wawasan kebangsaan dari TNI Angkatan Darat. 

Pemberian remisi ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8/2021). 

"Yang langsung bebas silahkan kembali berbaur dengan masyarakat. Tapi ingat, jangan kembali lagi berbuat kesalahan. Jangan kembali lagi," ujar Kasdim 0825 Banyuwangi, Mayor Inf Herawady Karnawan saat memberikan wawasan kebangsaan. 

Menurut Herawady, pemberian wawasan kebangsaan terhadap para warga binaan, agar mereka bisa kembali lagi ke masyarakat. Selain itu tidak kembali lagi mengulangi kesalahan ataupun tindakan melawan hukum. 

"Agar kembali ke masyarakat dengan baik. Tidak kembali lagi ke Lapas,"tambahnya. 

Selain itu Herawady juga berpesan untuk taat dengan protokol kesehatan, karena sampai saat ini Banyuwangi masih pada level 3 PPKM. 

Pemberian remisi kepada warga binaan diawali dengan kegiatan upacara virtual yang digelar oleh Kementrian Hukum dan HAM RI. Secara simbolis, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyerahkan remisi kepada warga binaan. 

Untuk di Banyuwangi sebanyak 496 warga binaan mendapatkan remisi. Sebanyak 3 warga binaan langsung bebas hari ini juga. 

"Tiga orang sudah bisa langsung bebas saat ini. Total 496 orang mendapatkan remisi," ujar Wahyu Indarto, Kalapas Banyuwangi. 

Para napi ini mendapat potongan masa tahanan mulai 1 bulan hingga 6 bulan penjara. Sebenarnya Lapas Banyuwangi mengajukan 586 warga binaan namun hanya 496 yang disetujui. 

Mereka yang berkelakuan baik dan tidak mendapatkan sanksi yang dapat remisi. Sementara napi dengan kasus korupsi dan hukuman mati tidak dapat remisi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved