Breaking News:

Berita Jember

Penyintas Covid-19 di Jember Serukan Ajakan Donor Plasma Konvalesen

Eko Awim S, seorang anggota Polsek Sumbersari, yang baru sembuh dari paparan Covid-19 menyerukan untuk donor plasma darah konvalesen

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Samsul Arifin
Humas PMI Jember
Eko Awim S saat melakukan donor konvalesen di UDD PMI Jember. 

Laporan Waratwan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Penyintas Covid-19 di Kabupaten Jember mengajak sesama penyintas Covid-19 untuk donor plasma darah konvalesen. Eko Awim S, seorang anggota Polsek Sumbersari, yang baru sembuh dari paparan Covid-19 menyerukan ajakan tersebut.

Pak Eko, demikian dia biasa dipanggil, merupakan relawan kemanusiaan. Dia termasuk dalam relawan pemakaman jenazah Covid-19.  

Beberapa waktu lalu, Pak Eko terpapar Covid-19. Dan setelah sembuh, dia melakukan donor plasma konvalesen, pekan lalu. Lelaki itu mendonorkan plasma darah karena merasakan betapa susahnya ketika menjadi pasien Covid-19.

“Saya dan keluarga merasakan bagaimana beratnya terpapar Covid-19. Makanya setelah sembuh saya langsung ingin donor plasma konvalesen,” kata Pak Eko, Minggu (5/9/2021).

Pak Eko bersama istri dan ketiga anaknya sempat terpapar Covid-19. Dia menilai terapi plasma konvalesen efektif untuk mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 yang masuk kategori sedang dan berat. Bahkan, kini banyak pasien Covid-19 yang terapi plasma konvalesen.

Baca juga: Targetkan Bantuan Beras BTT untuk 100.000 KK, Pemkab Serap Beras Petani Jember

Pak Eko mengajak kepada pasien covid-19 yang sudah sembuh untuk datang ke UDD PMI. “Semoga plasma saya membantu pasien Covid-19 yang masih berjuang untuk sembuh. Saya imbau penyintas Covid-19 lainnya juga bersedia untuk donor plasma konvalesen,” tegasnya.  

Ajakan senada juga disampaikan oleh penyintas Covid-19 yang lain, Rudi B Prakoso. PNS Pemkab Jember itu sudah beberapa kali menyalurkan plasma darahnya, setelah dinyatakan boleh melakukan donor plasma usai sembuh dari Covid-19.

Melalui donor plasma itu, dia berharap, plasma darahnya bisa membantu pasien Covid-19 untuk sembuh. "Ayo donor plasma darah. Kalau ada yang butuh, silahkan on call juga," ujar Rudi yang memiliki golongan darah O+.

Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki, mengapresiasi para penyintas Covid-19 yang sukarela mendonorkan darah konvalesen untuk diambil plasmanya.

Zaenal Marzuki menambahkan, permintaan plasma konvalesen ke UDD PMI hampir tiap hari ada. “Permintaan plasma konvalesen dari pasien Covid-19 hampir tiap hari masuk ke UDD. Alhamdulillah sekarang permintaan terlayani tidak seperti beberapa waktu lalu harus antre cukup lama,” katanya.

Bahkan untuk kondisi akhir-akhir ini, masih ada stok plasma konvalesen untuk semua golongan darah di ruang penyimpan UDD PMI Kabupaten Jember.

Berdasarkan catatan UDD PMI Kabupaten Jember hingga 1 September 2021 diketahui total permintaan plasma konvalesen untuk golongan darah A yang terlayani sebanyak 194, golongan darah B sebanyak 279, golongan  darah O sebanyak 315 dan golongan darah AB sebanyak 56.

Total permintaan plasma konvalesen yang terlayani 844. Hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 yang masih mendapatkan perawatan di rumah sakit masih cukup banyak sehingga masih ada tiap hari korban yang meninggal dunia dan sampai hari ini status Covid-19 Kabupaten Jember masih pada level 3

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved