Launching TribunMataraman

TribunMataraman.com Kawal Percepatan Proyek Bandara Kediri dan Pembangunan Wilayah Selingkar Wilis

Portal ke 56 Tribunnews, TribunMataraman.com resmi meluncur, Jumat (17/9/2021). Tribun Mataraman merupakan portal yang melingkupi wilayah Kota dan Kab

Editor: Ndaru Wijayanto
tangkapan layar
TribunMataraman.com resmi meluncur, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNJATIM.COM - Portal ke 56 Tribunnews, TribunMataraman.com resmi meluncur, Jumat (17/9/2021). Tribun Mataraman merupakan portal yang melingkupi wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabupaten Blitar, Nganjuk, Trenggalek serta Tulungagung.

"Mataraman mencakup tujuh kabupaten dan kota dengan penduduk sekitar 6,2 juta jiwa. Itu penduduk yang besar sekali, jika dibandingkan dengan Singapura yang hanya 5,6 juta. Mataraman ini lebih besar dengan Singapura," kata Dahlan Dahi, CEO Tribun Network dalam peluncuran tersebut.

Oleh sebab itu, Dahlan Dahi menyebutkan kalau wilayah Mataraman sebagai daerah yang sangat strategis, sekaligus melengkapi empat portal Tribun Network yang sudah lebih dulu hadir di Provinsi Jawa Timur, yakni SURYA.co.id, TribunJatim.com, TribunMadura.com dan SURYAMALANG.com.

Dahlan Dahi juga terkesan dengan wilayah Mataraman yang dikenal mempunyai banyak pondok pesantren. "Saya membayangkan bagaimana saudara kita dari Papua Maluku dan Sulawesi Kalimantan bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang pesantren di Wilayah Mataraman," jelasnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, dan sejumlah pimpinan daerah di wilayah Mataraman, Jawa Timur yakni Rini Syarifah (Bupati Blitar), Santoso (Wali Kota Blitar), M Nur Arifin (Bupati Trenggalek), Maryoto Birowo (Bupati Tulungagung), Hanindito Himawan Pramana (Bupati Kediri), Abdullah Abu Bakar (Walikota Kediri), Marhaen Djumadi (plt Bupati Nganjuk) juga menjadi saksi peluncuran TribunMataraman.com ini.

Pejabat yang lain Direktur RSUD Dr. Iskak Tulungagung: dr Supriyanto Dharmoredjo SpB FINACS MKes, Sekjen Kementerian Perhubungan Dr Ir Djoko Santoso yang mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Dirjen Bina Marga Dr Ir Hedy Rahadian MSc yang mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono.

Mereka semua juga menjadi pembicara dalam Talkshow sekaligus Webinar berjudul: Percepatan Pembangunan Perekonomian Wilayah Mataraman yang dimoderatori oleh Febby Mahendra Putra, Direktur Pemberitaan Tribun Network.

Talkshow tersebut banyak mengungkap hal-hal baru terkait pembangunan tol ataupun bandara di Kabupaten Kediri, juga pengembangan ekonomi di wilayah Mataraman.

"Potensi di Kota Kediri ingin menjadi tempat untuk meeting, incentives, conferences and exhibitions (MICE). Positioning ini menjadi pendukung bagi pengembangan Selingkar Wilis," ungkap Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri pada Webinar Percepatan Pembangunan Perekonomian wilayah Mataraman, Jumat (17/9/2021).

Selain itu, Kota Kediri mempersiapkan bakal menjadi pendukung pariwisata yang ada di kawasan Selingkar Wilis. "Harapan kami nanti akan ada multiplayer efect yang kami dapatkan untuk masyarakat," ujarnya.

Beda dengan Kabupaten Kediri yang akan segera memiliki Bandara, juga dilintasi jalan tol. "Bandara ini juga dibangun untuk menopang embarkasi haji di Surabaya, karena begitu banyaknya jamaah, maka diharapkan Bandara Kediri ini bisa menopang jamaah haji dari Mataraman," ucap Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Kediri dalam acara tersebut.

Mas Bup, sapaan akrabnya juga menambahkan pembangunan Bandara Kediri, pihaknya sangat memperhatikan aspek lingkungan dan sosial. "Bandara sendiri sudah mulai masuk proses pembangunan rune way dibangun dan drainase sudah ditata," tuturnya.

Sementara itu untuk menunjang Pembangunan Bandara, Mas Bup juga menuturkan bahwa pihaknya saat ini tengah membahas proyek lain yakni Tol Kediri Tulungagung dan Kediri Kertosono.

"Terkait Tol Kediri Tulungagung Ketorsono akan melewati dua kecamatan di Kabupaten Kediri yakni Banyakan dan Grogol. Estimasi akan beroperasi pada tahun 2023," tuturnya.

Mas Bup menerangkan jika nantinya untuk Tol Kediri Tulungagung akan dibangun oleh Pihak Swasta.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi menambahkan perlu ada sinergitas antar daerah, seperti saling mengisi kebutuhan masyarakat dengan potensi yang dihasilkan dari masing-masing daerah.

"Makanya, kami sangat berharap dengan lahirnya TribunMataraman.com ini menjadi tonggak awal dari terwujudnya sinergitas ekonomi antar daerah di wilayah mataraman," kata Marhaen Djumadi.

Hal sama diungkap Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Ia optimistis bahwa TribunMataraman.com bisa menjadi katalis dalam pembangunan Jawa Timur khususnya wilayah mataraman.

"Selamat atas diluncurkannya TribunMataraman.com, kami optimis Tribun Mataraman akan menjadi katalis pembangunan kawasan mataraman bukan hanya infrastrukturnya saja tapi juga sisi ekonominya," kata Emil Dardak, yang hadir sebagai narasumber dalam talkshow nasional launching TribunMataraman.com.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved