Breaking News:

Berita Trenggalek

Cara Menikmati Keindahan Bendungan Tugu Trenggalek yang Terintegrasi dengan Anjungan Cerdas

Bendungan Tugu segera diresmikan! Begini cara menikmati keindahan Bendungan Tugu Trenggalek yang terintegrasi dengan Anjungan Cerdas.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Bendungan Tugu Kabupaten Trenggalek, Sabtu (25/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Bendungan Tugu di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, akan diresmikan dalam waktu dekat.

Jika sesuai rencana, bendungan yang dibangun dengan anggaran total sekitar Rp 1,8 triliun itu akan diresmikan sekitar 2 bulan setelah pengisian awal waduk atau impounding.

Impounding bendungan itu telah dimulai pada Selasa (21/9/2021). Itu artinya, peresmian bendungan ini bisa digelar antara akhir November atau Desember 2021 mendatang.

Keberadaan Bendungan Tugu disebut memilik banyak manfaat. Di antaranya memenuhi penyediaan air baku, irigasi lahan persawahan, mengurangi risiko banjir tahunan, dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Tapi selain itu, Bendungan Tugu juga punya manfaat sebagai tempat rekreasi bagi warga Trenggalek dan sekitarnya.

Lokasi bendungan yang berada di pinggir jalan nasional Trenggalek-Ponorogo membuatnya mudah diakses. Baik oleh kendaraan kecil maupun besar sejenis bus.

Pihak pengelola Bendungan Tugu juga telah menyiapkan konsep agar Bendungan Tugu bisa maksimal sebagai tempat wisata di Trenggalek.

PPK Bendungan Tugu Trenggalek, Yuda Tantra Ahmadi menjelaskan, potensi pariwisata memang menjadi salah satu kelebihan Bendungan Tugu.

“Pemandangan bendungannya sendiri, juga area genangan apabila nanti genangannya sudah terlihat tentunya akan sangat menarik,” kata Yuda, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Cicipi Gurihnya Kepiting Bakar Asap dan Sup Palumara yang Kaya Rempah di Kapten Seafood Kediri

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved