Breaking News:

Berita Jember

Pencuri Truk Tebu di Jember Ditangkap saat Antar Tebu Pakai Truk Curian

Sipul (37) warga Desa Banyuputih Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang terbilang nekat. Sebab dia ditengarai mencuri truk tebu di sekitar Pabrik Gula

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
Istimewa/ Humas Polres Jember
Sipul, tersangka pencurian truk tebu di Jember 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sipul (37) warga Desa Banyuputih Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang terbilang nekat. Sebab dia ditengarai mencuri truk tebu di sekitar Pabrik Gula (PG) Semboro, tetapi juga memakai truk tersebut untuk mengantar tebu ke PG yang sama.

Tak ayal, perbuatan Sipul terbongkar. Kini dia sudah mendekam di sel Mapolsek Semboro.

Penangkapan terhadap Sipul dilakukan, Minggu (26/9/2021) malam, ketika dia hendak ke PG Semboro. Dia mengendarai sebuah truk bermuatan tebu. Tebu itu hendak dibongkar di PG tersebut.

"Iya betul, kami melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian truk tebu," ujar Kapolsek Semboro Iptu Agus Sholikhin Wijaya, Senin (27/9/2021).

Agus menerangkan, pencurian tersebut dilakukan pada 31 Agustus 2021. Pencuri merusak truk tebu yang diparkir di seputaran PG Semboro setelah membongkar muatan tebu.

Baca juga: Pungutan Hasil Perikanan Naik 400 Persen, Nelayan dan Pengusaha di Probolinggo Demo Tolak PP 85

Ketika itu truk diparkir dalam keadaan kosong, dan sudah terkunci. Semalaman truk ditinggal di tempat tersebut oleh sopirnya. Keesokan harinya, si sopir truk hendak mengambil truk yang sedang diparkir.

"Ternyata keesokan harinya ketika truk hendak diambil, truk sudah tidak ada. Kasus hilangnya truk kemudian dilaporkan ke Polsek Semboro," lanjutnya.

Pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya, pada Minggu (26/9/2021) malam, polisi menengarai truk yang hilang itu melaju di Jalan Tanggul - Semboro dengan penuh muatan tebu.

Polisi pun berhasil menghentikan truk tersebut. Dari penyelidikan, diketahui jika truk itu memang truk tebu yang hilang pada akhir Agustus lalu.

"Tersangka melakukan pencurian dengan cara merusak pintu truk sebelah kanan dan menghidupkan mesin dengan menggunakan kunci kontak kendaraan lain (kunci kontak truk sebelumnya sudah rusak)," imbuh Agus.

Barang bukti yang diamankan adalah satu unit truk Mitsubishi tahun 2006 bernomor polisi P-9796-UR.

Polisi menjerat Sipul memakai Pasal 363 ayat (1) ke 3e, 5e KUHP ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

Kumpulan berita Jember terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved