Breaking News:

Berita Trenggalek

Seluruh SD dan PAUD di Trenggalek Gelar PTM Mulai Hari Ini

Seluruh Sekolah Dasar (SD) sederajat, taman kanak-kanak (TK), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Trenggalek mulai menggelar

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Petugas saat melakukan pemadaman toko di Dusun Kalimojo, Desa/Kecamatan Margomulyo, Senin (4/10/2021), sekitar pukul 00.05 WIB. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network  Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Seluruh Sekolah Dasar (SD) sederajat, taman kanak-kanak (TK), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Trenggalek mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) per hari ini, Senin (4/10/2021).

Dimulainya PTM di satuan tingkat pendidikan terendah ini menyusul SMA dan SMP yang lebih dulu menggelar pembelajaran di kelas pada pekan-pekan sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek Totok Rudijanto menjelaskan, PTM digelar di seluruh SD, TK, dan PAUD yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Jumlah SD di kabupaten itu sebanyak 437 lembaga. Sementara TK dan PAUD 626 lembaga.

Totok menjelaskan, Kabupaten Trenggalek masih masuk dalam level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 43/2021 yang berlaku 21 September hingga 4 Oktober 2021.

“Merujuk dari aturan itu, kami memutuskan untuk menggelar PTM sesuai dengan yang di atur dalam instruksi tersebut,” kata Totok, Senin (4/10/2021).

Dengan demikian, PTM di tingkat PAUD-SD maupun SMP dan SMA di Kabupaten Trenggalek akan mengikuti perkembangan level PPKM yang ditetapkan pada instruksi berikutnya.

Baca juga: Toko di Bojonegoro Terbakar Hebat Saat Tengah Malam, Perkakas Ludes Kerugian Capai Rp 80 Juta

“Apabila Kabupaten Trenggalek naik ke level 4, PTM harus dihentikan,” sambung dia.

PTM di tingkat SD akan digelar dengan aturan yang sama dengan tingkat SMP dan SMA. Maksimal kapasitas tiap kelas hanya untuk 50 persen siswa. Separuh siswa lainnya mengikuti pembelajaran dari rumah.

Sementara untuk TK dan PAUD, kapasitas maksimal siswa sebanyak 33 persen, atau maksimal 5 orang per kelas.

Totok mengatakan, pihaknya bersama Satgas Covid-19 telah berkali-kali melakukan visitasi ke SD, TK, dan PAUD sebelum PTM untuk jenjang tersebut dimulai hari ini.

“Terakhir, kemarin kami sudah visitasi secara acak untuk memastikan bahwa semua benar-benar siap dari sisi sarana dan prasarana. Dan Insyallah sebagian besar memang sudah siap,” sambungnya.

Kepada pihak sekolah, ia berpesan agar penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan secara ketat selama PTM berlangsung. Mereka juga diminta tak lengah agar pembelajaran di kelas tak menjadi klaster penularan Covid-19. (fla)

Kumpulan berita Trenggalek terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved