Breaking News:

Berita Sidoarjo

Masih Rendah, Capaian Vaksinasi untuk Lansia di Sidoarjo Baru 39 Persen

Capaian vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) di Sidoarjo masih rendah. Sejauh ini baru sekira 39 persen lansia yang mendapat suntikan vaksin

Penulis: M Taufik | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/M Taufik
Suasana vaksinasi di Sidoarjo, Kamis (7/10/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Capaian vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) di Sidoarjo masih rendah. Sejauh ini baru sekira 39 persen lansia yang mendapat suntikan vaksin tahap pertama.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro di sela vaksinasi yang digelar di Pondok Pesantren Jati Agung Al-Qodiry, Sidoarjo, Kamis (7/10/2021).

"Dari evaluasi pelaksanaan vaksinasi yang sudah berjalan di Sidoarjo, kita masih kurang pada kalangan lansia. Baru di angka 39 persen untuk vaksin tahap pertama," kata dia.

Padahal, pemerintah mematok target capaian vaksinasi bagi lansia bisa mencapai angka 60 sampai 70 persen. "Karenanya harus digencarkan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Satgas covid-19 Sidoarjo tersebut.

Baca juga: Warga Keluhkan Jembatan Penghubung Waru-Sedati Sidoarjo Rusak, Bolong dan Ditambal Kayu

Dalam hal ini, langkah yang akan dilakukan pihaknya akan memasifkan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat, hingga wilayah pelosok desa dengan melibatkan tiga pilar dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan puskesmas.

Mereka harus semakin aktif ke warga-warga, supaya para lansia yang belum divaksin bisa segera diberi suntikan vaksin.

“Lansia termasuk kalangan rentan lemah imunitasnya, karenanya mari bagi keluarga yang orang tua atau kakek neneknya belum di vaksin, untuk membantu kami menjelaskan ke mereka bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan upaya baik, aman dan halal guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” pesannya.

Terkait vaksinasu di pesantren yang ada di Wage, Kecamatan Taman, Sidoarjo, disebutkan ada 1.500 dosis Vaksin Sinovac disediakan Polresta Sidoarjo untuk santri, pelajar dan warga sekitar.

Baca juga: Pria di Sidoarjo Meninggal Dunia usai Gowes, Sempat Jatuh Tergeletak di Jalan

Selain vaksinasi, dalam kesempatan ini polisi juga membagikan bantuan sosial kepada santri, pelajar dan warga lanjut usia (lansia).

Di sisi lain, vaksinasi Covid-19 terus digencarkan Pemkab Sidoarjo. Percepatan vaksinasi dilakukan dengan jemput bola. Dinas Kesehatan Sidoarjo melalui Puskesmas yang ada turun langsung ke desa-desa untuk melakukan vaksinasi.

Seperti yang dilakukan Puskesmas Buduran bekerjasama dengan Pemdes Banjar Kemantren Kecamatan Buduran menyelenggarakan Gebyar seribu vaksin Covid-19 balai Desa Banjar Kemantren, Kamis, (7/10/2021).

Vaksinasi dosis pertama ini menggunakan Pfizer. "Upaya percepatan kita lakukan dengan jemput bola, sasarannya mulai usia 12 tahun sampai Lansia," ujar Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, di sela memantau kegiatan itu.

Dikatakannya saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo telah mencapai 67 persen. Dengan terus digenjot, harapannya Sidoarjo bisa segera masuk level satu PPKM.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan-kegiatan vaksinasi di setiap desa maupun kecamatan, target ini segera tercapai," harapnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved