Breaking News:

Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Seleksi Pelajar SD-SMP Ber-IQ Tinggi, Beri Kelas Khusus

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyeleksi siswa yang memiliki IQ di atas rata-rata. Bagi yang lulus seleksi, mereka akan mendapatkan

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
SURYA/HABIBUR ROHMAN
Suasana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Surabaya. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyeleksi siswa yang memiliki IQ di atas rata-rata. Bagi yang lulus seleksi, mereka akan mendapatkan kelas khusus. 

"Bagi anak-anak yang IQ-nya di atas rata-rata akan mendapatkan kelas tambahan. Mereka akan dibina oleh guru-guru pilihan dari semua sekolah swasta dan negeri di Kota Surabaya," kata Kepala Dispendik Kota Surabaya, Supomo, Selasa (12/10/2021).

Ia menjelaskan, peserta kelas khusus ini berasal dari para pelajar SD-SMP. Baik yang bersekolah di swasta maupun negeri di Kota Surabaya.

Sebelum mengikuti kelas khusus, para pelajar ini akan dilakukan seleksi dan tes secara bertahap. Di antaranya, Tes Potensi Akademik (TPA) hingga Tes IQ. 

"Setelah itu, mereka baru mengikuti pembelajaran. Karena itu, SD-SMP seluruh Surabaya silahkan mengirimkan anak-anak terbaiknya, kemudian nanti kita pilih," katanya.

Nantinya, kelas khusus ini tidak mengganggu waktu pelajaran normal di sekolah. Sebab, pelaksanaannya berlangsung di luar jam sekolah. 

Kelas khusus akan diisi sekitar 15-20 anak dan akan terbagi di wilayah Surabaya Utara, Timur dan Barat. "Pada perkembangannya, kami juga lihat potensi masing-masing anak," paparnya.

Baca juga: PWNU Jatim Resmi Usung Gus Yahya Sebagai Calon Ketua Umum PBNU, Begini Pertimbangannya

Rencananya, program ini akan dimulai pada November 2021. Saat ini, Dispendik mulai melaksanakan tahapan seleksi kepada para pelajar Surabaya.

Menariknya, dalam program kelas khusus ini, Dispendik Surabaya juga bekerjasama dengan Prof Yohanes Surya. Seorang fisikawan Indonesia itu selama ini dikenal sebagai pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved