Breaking News:

Jabar Jadi Juara Umum PON XX, Ridwan Kamil Beber Resepnya: Kami Bukan Jago Kandang

Jawa Barat sukses mempertahankan gelar sebagai juara umum pada PON XX Papua 2021. Begini resep dari Ridwan Kamil.

Tribun Jatim Network/Bobby Constantine Koloway
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Jawa Barat sukses mempertahankan gelar sebagai juara umum pada PON XX Papua 2021. Mengoleksi 133 emas, 102 perak, dan 118 perunggu, Jabar mengungguli provinsi yang lain.

Jabar sekaligus mempertahankan gelar sebagai juara. Pada gelaran sebelumnya (PON XIX) di 2016, Jabar yang saat itu bertugas sebagai tuan rumah, juga keluar sebagai Juara umum.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun mengungkap rahasianya. Menurutnya, kuncinya ada pada proses pembinaan yang memang digenjot dan dikawal sejak awal.

"Resep Jawa Barat hanya satu yaitu pembinaan yang konsisten," kata Ridwan sebagaimana penjelasan tertulis yang diterima Surya.co.id (Tribun Jatim Network), Sabtu (16/10/2021).

Prosesnya, dimulai dari mencari bibit atlet lewat berbagai kejuaraan.

Baca juga: Hasil Liga Inggris - Firmino Hat-trick, Mo Salah-Mane Cetak Gol, Liverpool Bombardir Gawang Watford

"Kami menemukan di event-event mengingat Jawa Barat hobi mengelar event olahraga: pekan olahraga daerah, pekan olahraga provinsi, pekan olahraga pelajar, pesantren dan lain-lain,” katanya.

Para bibit atlet ini akan masuk ke sekolah pendidikan latihan olahraga pelajar. Pembinaan dan pelatihan olahraga berjalan seiring dengan sekolah.

Selama 4 tahun terakhir, pihaknya juga melakukan eksperimen sport sains. Yakni, mengkombinasikan ilmu ketubuhan fisik dengan prestasi.

"Misalnya, dengan oksigen tipis lalu sel darah merahnya lebih banyak dan itu membantu saat bertanding. Hal-hal itulah yang menjadikan Jawa Barat meraih prestasi seperti ini," katanya.

Prestasi ini sekaligus membuktikan bahwa atlet Jawa Barat tak hanya 'jago kandang'. Oleh karenanya, pihaknya pun telah menargetkan hal yang sama pada PON XXI di Sumatera dan Aceh mendatang.

Baca juga: Ditahan Imbang Persela 2-2, Pelatih Madura Sebut Timnya Telat Panas

"Kami juga optimis akan tetap meraih juara umum. Di Sumatera dan Aceh akan kami buktikan,” ucapnya optimis.

Rencananya, para atlet akan disambut oleh pemerintah dan masyarakat Jawa Barat di Gedung Sate melalui upacara. Di waktu yang sama, pihaknya juga akan menyerahkan bonus kepada atlet.

Ia memastikan, anggaran untuk bonus atlet telah disiapkan. Sekalipun, anggaran APBD sempat mengalami refocussing sebagai dampak pandemi.

"Saya bersyukur, pelaksanaan PON di Papua sukses dalam penyelenggaraan, sukses ekonomi dan sukses administrasi. Kami juga jadi saksi bahwa Papua aman–aman saja, Papua indah sekali dan warganya ramah – ramah dan kami akan jadi juru bicara,” pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved