Breaking News:

Berita Banyuwangi

Keliling Jemput Bola Vaksinasi, Bupati Ipuk Ingatkan Puskesmas Wajib Pantau Kesehatan Lansia

Warga lanjut usia (lansia) tetap menjadi prioritas vaksinasi Covid-19 bagi Banyuwangi. Untuk itu jemput bola vaksinasi ke rumah-rumah lansia terus dig

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani didampingi satgas kecamatan dan desa keliling meninjau program jemput bola vaksinasi ke rumah lansia. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Warga lanjut usia (lansia) tetap menjadi prioritas vaksinasi Covid-19 bagi Banyuwangi. Untuk itu jemput bola vaksinasi ke rumah-rumah lansia terus digalakkan. 

Seperti yang terlihat Senin siang, (1/11/2021), Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani didampingi satgas kecamatan dan desa keliling meninjau program jemput bola vaksinasi ke rumah lansia. Salah satunya Mbah Soreh, lansia di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Singojuruh.

“Jemput bola untuk lansia seperti ini terus kita lakukan sampai semua sasaran bisa tervaksin. Warga sepuh yang tidak bisa pergi ke fasilitas layanan kesehatan akan kita datangi ke rumah masing-masing,” kata Ipuk.

Ipuk juga melihat langsung vaksinasi di rumah Sumaiyah dan Siti, yang rumahnya tak jauh dari rumah Mbah Soreh. Selain memantau vaksinasi, Ipuk juga menyerahkan bantuan sembako pada mereka.

Baca juga: Remaja yang Tenggelam di Ketabang Kali karena Cari iPhone 12 Ditemukan Mengambang di Tengah Sungai

"Masyarakat bisa membantu, bila mengetahui ada keluarga atau tetangga lansia yang belum divaksin, segera lapor kepala desa atau camat untuk dilakukan jemput bola vaksinasi," pinta Ipuk.

Selain dilakukan vaksinasi, Ipuk juga meminta kepada Puskesmas untuk rutin memantau kondisi kesehatan para lansia. Seperti Ibu Aminah yang mengalami hipertensi dan keterbatasan gerak akibat usia.

“Tolong Puskesmas sering memantau kondisi kesehatan beliau ya. Cek secara rutin,” kata Ipuk.

Baca juga: Rumah Warga di Situbondo Ambruk Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang

Bupati perempuan itu mengatakan, satgas covid-19 Banyuwangi terus melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi warga.

Satgas Covid-19 Banyuwangi menargetkan pekan pertama November ini capaian vaksinasi dosis pertama bisa mencapai 70 persen dari total sasaran vaksinasi yang sebanyak 1,34 juta warga, dan 60 persen lansia. 

“Ini dalam rangka percepatan pemulihan sosial-ekonomi Banyuwangi. Semakin luas jangkauan vaksinasinya, tentu menjadi pintu pembuka bagi pemulihan ekonomi,” kata Ipuk.

Saat ini, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, total vaksinasi di Banyuwangi telah mencapai hampir 67 persen dari total sasaran 1,34 juta warga. Sementara vaksinasi untuk lansia mencapai hampir 57 persen.

“Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, puskesmas, dan masyarakat yang telah kooperatif mendukung program vaksinasi di Banyuwangi. Semoga target bisa segera kita capai agar ekonomi bisa segera bergeliat kembali,” ujar Ipuk. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved