Breaking News:

Berita Malang

Rumah Tua di Kota Malang Mendadak Ambruk, Penghuni Sempat Terjebak Reruntuhan Selama 30 Menit

Sebuah rumah tua yang terletak di Jalan Kawi Bawah Gang 4 RT 01 RW 10 Nomor 1279/10, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang mendadak ambruk,

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim/kukuh
Kondisi rumah ambruk yang terjadi di Jalan Kawi Bawah Gang 4 RT 01 RW 10 Nomor 1279/10, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (3/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sebuah rumah tua yang terletak di Jalan Kawi Bawah Gang 4 RT 01 RW 10 Nomor 1279/10, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang mendadak ambruk, Rabu (3/11/2021) sekitar pukul 08.00 WIB.

Seorang saksi mata yang juga merupakan warga sekitar, Rizal Rahman (30) mengatakan, rumah tua itu tiba-tiba ambruk begitu saja.

"Enggak ada tanda-tanda sama sekali, langsung rubuh. Rumah tua itu dihuni oleh dua orang kakak beradik, yaitu Ibu Nurul (48) dan Pak Topan (55)," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Saat rumah itu ambruk, Nurul berada di dalam kamar rumahnya. Sedangkan Topan, berada di luar rumah.

Baca juga: Tirukan Konten Viral Salam dari Binjai, Puluhan Pohon Pisang di Lamongan Rusak Dipukuli Anak-anak

"Ibu Nurul terjebak di dalam rumah. Warga sekitar langsung berusaha mengevakuasi korban, namun karena kondisi rumahnya yang rawan ambruk, akhirnya warga memanggil pemadam kebakaran," jelasnya.

Sekitar pukul 08.30 WIB, petugas UPT Damkar Kota Malang tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan evakuasi terhadap korban.

Sementara itu, Kepala UPT PMK Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengungkapkan, pihaknya menurunkan empat mobil damkar dan 15 personel.

Baca juga: Sowan Kiai NU, DPW PPP Jatim Pastikan Siap Rangkul Kalangan Gus dan Ning Pesantren

"Tim kami langsung membongkar dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu. Kemudian, korban berhasil dievakuasi dan langsung kami bawa ke tempat yang aman. Butuh ekstra hati-hati dalam melakukan evakuasi, karena disamping korban mengalami gangguan kejiwaan, bangunan rumah juga rawan terjadi ambruk susulan," bebernya.

Dirinya menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian rumah ambruk tersebut.

"Korban hanya mengalami luka lecet. Untuk penyebab rumah ambruk, dikarenakan faktor usia rumah yang sudah tua," terangnya.

Baca juga: Harga Empon-empon di Pasar Legi Kota Blitar Turun dalam Sepekan Terakhir, Ini Penyebabnya

Sementara itu, salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Malang  yang enggan disebutkan namanya menuturkan, luas area rumah yang mengalami ambruk tersebut sekitar 10x8 meter persegi.

"Kami langsung melakukan pemasangan garis pengaman di sekitar lokasi rumah ambruk. Selain itu, kami juga melarang warga untuk memasuki wilayah yang telah kami pasang garis pengaman, karena kondisinya masih rawan ambruk," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved