Breaking News:

Berita Surabaya

DPRD Surabaya Beri Perhatian Tokoh Besar NU, AH Thony: Mari Muliakan Makam Kiai Pencetus Nama NU

DPRD Surabaya memberi perhatian pada tokoh besar Nahdlatul Ulama, AH Thony: Mari muliakan makam kiai pencetus nama NU.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sugiharto
Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Tony (baju putih) berziarah ke makam KH Mas Alwi bin Abdul Aziz, sang pencetus nama Nahdlatul Ulama di kawasan Makam Umum Rangkah Surabaya, Kamis (4/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Nuraini Faiq

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, AH Thony memberi perhatian khusus kepada salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Tokoh ini adalah almarhum KH Mas Alwi bin Abdul Aziz, yang merupakan pencetus dan pemberi nama organisasi Islam besar tersebut. 

Nama Nahdlatul Ulama muncul dari pemikiran Kiai Alwi bersama tokoh NU lainnya.

KH Alwi inilah yang memilihkan dan memberikan nama NU. Arti kata Nahdlatul Ulama adalah kebangkitan ulama. 

Namun, kebesaran nama KH Mas Alwi tak diiikuti dengan sikap memuliakan sang kiai. Meski telah berjasa besar memberikan nama NU, namun keberadaan makam tokoh besar ini tak sebesar namanya. 

"Saya prihatin dengan kondisi makam tokoh besar NU ini. Almarhum adalah pencetus nama NU. Harus dicarikan cara untuk memuliakan makam sang kiai ini," kata AH Thony usai berziarah di makam KH Mas Alwi, Kamis (4/11/2021).

Pimpinan DPRD Surabaya ini didampingi Ketua MWC NU Kecamatan Wonocolo Muhaimin, dan Wakil Katib PCNU Surabaya Ahmad Nasrudin, berziarah dan mendoakan kiai pencetus nama NU tersebut. Tak lupa Thony menaburkan bunga di pusara KH Alwi

Keberadaan makam pencetus nama NU itu berada di antara himpitan rumah petak yang padat.

Makamnya nyaris berhimpitan dengan rumah petak warga. Tepatnya di kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rangkah di Jalan Kenjeran Belakang, Rangkah, Tambakrejo, Surabaya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved