Breaking News:

Berita Malang

Terdampak Luapan Sungai Brantas, Warga Jatimulyo Kota Malang Sebut Banjir Tahun Ini Terparah

Selain Kampung Putih, wilayah Jalan Bougenville Bawah RT 1 RW 9, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang juga terdampak luapan Sungai Br

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/KUKUH KURNIAWAN
Warga Jalan Bougenville Bawah RT 1 RW 9, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang saat melakukan kerja bakti membersihkan endapan lumpur dan sampah yang berasal dari luapan Sungai Brantas, Jumat (5/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Selain Kampung Putih, wilayah Jalan Bougenville Bawah RT 1 RW 9, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang juga terdampak luapan Sungai Brantas.

Ketua RT setempat, Yudi Widodo (42) mengatakan, kejadian itu terjadi pada Kamis (4/11/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.

"Tiba-tiba, aliran Sungai Brantas itu langsung meluap dan membanjiri seluruh rumah warga. Ketinggian air mencapai 1 hingga 1,5 meter. Sekitar pukul 18.00 WIB, banjir luapan sungai berangsur-angsur surut," ujarnya kepada TribunJatim.com, Jumat (5/11/2021).

Akibat kejadian itu, 61 rumah warga terdampak luapan Sungai Brantas, dan dua di antaranya mengalami rusak berat.

Baca juga: 3 Saluran Pipa PDAM Kota Malang Alami Kerusakan Imbas Banjir Bandang di Kota Batu

"Dua rumah yang rusak berat adalah milik Wasis dan Hari. Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka," tambahnya.

Dirinya juga mengungkapkan, kejadian banjir luapan Sungai Brantas telah terjadi sebanyak dua kali. Yaitu, di tahun 2004 dan tahun 2021.

Baca juga: Temuan 7 Korban Jiwa Banjir Bandang di Kota Batu, Warga Sangat Syok Lihat Banjir Terparah: Baru ini

"Kejadian pertama, terjadi di tahun 2004. Namun, saat itu tidak terlalu parah. Kondisi yang paling parah, ya terjadi pada tahun 2021 ini," jujurnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto menjelaskan pasca kejadian tersebut, seluruh warga diungsikan ke Balai RW 9, Kelurahan Jatimulyo.

Baca juga: Kondisi Terkini Gala Sky, Anak Vanessa Angel yang Selamat dari Kecelakaan Maut, Polisi: Pemulihan

Hingga saat ini, seluruh warga tidak diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, karena kondisi belum dinyatakan aman.

"Sekarang warga telah dievakuasi di Balai RW 9. Saat ini, kami bersama dengan jajaran samping, DLH, PMI, relawan dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti," kata Alie Mulyanto.

"Untuk mengurangi kondisi yang ada (endapan lumpur dan sampah dari luapan sungai brantas). Sehingga harapannya, agar bisa segera difungsikan kembali rumah-rumah warga," jelasnya menambahkan.

Baca juga: Masih Jalani Pemulihan Fisik dan Psikis, Polda Jatim Pastikan Sopir Mobil Vanessa Bakal Diperiksa

Sementara itu dari pantauan TribunJatim.com, warga Jalan Bougenville Bawah RT 1 RW 9, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang masih berusaha membersihkan endapan lumpur tersebut. Pasalnya, endapan lumpur itu masuk hingga ke dalam rumah warga.

Pembersihan endapan lumpur cukup sulit, karena harus disemprot dengan air bertekanan terlebih dahulu.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved