Breaking News:

Berita Jember

Capaian Vaksinasi Lansia Masih Rendah, Wagub Emil Ajak IPHI Jember Ikut Terlibat Lakukan Upaya

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meminta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) bermitra dengan pemerintah untuk menggelar vaksinas

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Sri Wahyunik
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak usai menghadiri acara Musda IPHI Jember, Sabtu (13/11/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meminta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) bermitra dengan pemerintah untuk menggelar vaksinasi. IPHI bisa menyasar kelompok lansia.

Hal ini disampaikan Wagub Emil ketika menghadiri acara Musyawarah Daerah IPHI Jember, Sabtu (13/11/2021). Emil menuturkan, capaian vaksinasi untuk lansia di Jawa Timur masih rendah. Padahal mereka adalah kelompok rentan terpapar Virus Corona.

Ada sejumlah alasan, kata Emil, kenapa Lansia ini enggan mengikuti vaksinasi. Alasan itu antara lain, mereka berpikiran jika tidak lagi banyak bepergian, atau melakukan aktivitas di luar rumah.

"Pemikiran itu harusnya diubah, karena kehidupan sekarang mulai berangsur normal. Anak dan cucunya, masih keluar rumah, bekerja. Ketika nanti masuk rumah, bisa saja dia membawa virus ini, seperti terlihat sehat, namun bisa saja virusnya ada di badan, atau di barang, di baju. Kemudian di rumah ada orang tua yang rentan," ujar Emil.

Karenanya, pemikiran jika lansia tidak lagi banyak bepergian harusnya mulai diubah. Mereka tetap harus melindungi diri, satu di antaranya lewat vaksinasi tersebut.

Kedua, faktor yang banyak disampaikan adalah adanya komorbid dari para lansia. Emil menegaskan, tidak ada larangan lansia memiliki komorbid untuk menjalani vaksinasi.

"Memang semuanya harus dengan petunjuk dokter, atau pengawasan dokter. Di situlah pentingnya skrining," tegasnya.

Faktor lain, imbuhnya, adalah lansia yang kadung sudah datang ke lokasi vaksinasi kemudian tiba-tiba mengalami hipertensi sehingga tidak bisa divaksin.

"Akhirnya mereka pulang, terus malas lagi balik ke lokasi vaksinasi. Nah, ini mungkin pak bupati punya cara solusinya," kata Emil ke Bupati Jember Hendy Siswanto.

Oleh karena itu, Emil menyarankan kepada IPHI untuk bermitra dengan pemerintah menggelar vaksinasi. IPHI bisa secara khusus menyasar kelompok lansia.

Apalagi, lansia anggota IPHI bisa jadi merupakan tokoh di komunitas atau lingkungan masing-masing. Sehingga jika tokoh lansia itu mengikuti vaksinasi, maka lansia lainnya di lingkungan, desa, atau komunitas setempat juga mau mengikuti vaksinasi Covid-19.

Capaian vaksinasi untuk kelompok lansia di Jember sendiri juga masih rendah. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan per 10 November kemarin, vaksinasi dosis 1 untuk lansia mencapai 25,80 persen, sedangkan dosis 2 masih 7,80 persen.

Total capaian vaksinasi di Kabupaten Jember untuk dosis 1 mencapai 48,69 persen, dan dosis 2 masih 15,45 persen.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved