Breaking News:

Berita Banyuwangi

Kirim Relawan dan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru, Bupati Banyuwangi: Ini Duka Kita Semua

Pemkab Banyuwangi mengirim tim relawan dan bantuan paket sembako, Banyuwangi Peduli Semeru, ke Lumajang, Minggu (5/12/2021). 

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Pemberangkatan tim Relawan Banyuwangi Peduli Semeru ke Lumajang, Minggu (5/12/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi mengirim tim relawan dan bantuan paket sembako, Banyuwangi Peduli Semeru, ke Lumajang, Minggu (5/12/2021). 

"Ini adalah duka kita semua. Semua harus bergerak cepat membantu. Kami sebagai tetangga dekat Lumajang, berkewajiban untuk membantu saudara kami di sana. Bertahap, bantuan akan kami salurkan. Saat ini, apa yang bisa kami bantu, kami kirim lebih dulu, terutama tenaga relawan," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (5/12/2021). 

Tim Banyuwangi Peduli Semeru tersebut telah diberangkatkan ke Lumajang, Minggu (5/12/2021) dan dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono.

Tim tersebut terdiri tenaga kesehatan, Taruna Siaga Bencana (Taggana), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

"Relawan ini kami kirim untuk membantu saudara-saudara kita di Lumajang," kata Mujiono. 

Baca juga: Korban Terdampak Erupsi Gunung Semeru Butuh Bantuan Makanan, Pakaian dan Air Bersih

Mujiono menjelaskan tim Banyuwangi  Peduli Semeru terdiri dari lima personil BPBD serta satu truk tanki air bersih, satu mobil sembako dan alat pelindung diri (APD), 10 personil Taggana, empat personil tenaga kesehatan, satu mobil rescue, satu ambulance, dan satu mobil dapur umum. 

Untuk dapur umum menurut Mujiono, Banyuwangi telah menyiagakan dan mengirimkan ke Lumajang, namun menunggu assesment dari BPBD Pemprov Jatim. 

"Khusus untuk dapur umum kami telah menyiagakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh BPBD Jatim," kata Mujiono.

Baca juga: Jumlah Korban Meninggal karena Erupsi Gunung Semeru Bertambah, Dua Orang Sudah Teridentifikasi

Mujiono berpesan agar para tim relawan Banyuwangi bisa berkoordinasi dengan baik bersama para tim BPBD Jawa Timur.

"Koordinasi yang baik dengan tim yang ada di Lumajang. Patuhi perintah, dan yang terpenting selalu jaga keselamatan dan kesehatan," tambah Mujiono.

Sebelumnya diketahui, Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. 

Baca juga: Terlambat Selamatkan Diri, Sejumlah Orang Alami Luka Bakar Lahar Panas Gunung Semeru

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved