Natal dan Tahun Baru 2021

Tips Membuat Rumah Jahe Mini ala Shangri-La Hotel Surabaya, Kue Spesial Sambut Natal

Tips membuat rumah jahe mini ala Shangri-La Hotel Surabaya, kue spesial untuk menyambut perayaan Natal. Siapkan bahan-bahan ini.

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Melia Luthfi Husnika
Pastry Bakery Shangri-La Hotel Surabaya, Salma Zakiyah, saat mencontohkan membuat rumah jahe mini untuk menyambut perayaan Natal, Selasa (7/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Melia Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perayaan Natal identik dengan kue jahe yang dibentuk menyerupai rumah. Ternyata, rumah jahe atau gingerbread house ini bisa dibuat sendiri di rumah. 

Rasa kue yang manis berpadu tambahan jahe yang menghangatkan ini memang cocok dipilih sebagai menu kuliner menjelang akhir tahun. Mengingat cuaca di Indonesia pada bulan Desember merupakan musim hujan

Pastry Bakery Shangri-La Hotel Surabaya, Salma Zakiyah mengatakan, untuk membuat rumah jahe mini ini membutuhkan beberapa bahan utama seperti tepung terigu, gula dan madu. 

"Bahan lain yang diperlukan adalah ekstrak jahe yang sudah dicampur dengan cinnamon atau kulit kayu manis. Campuran jahe ini yang akan memberikan rasa berbeda dari kue pada umumnya," kata Salma Zakiyah, Selasa (7/12/2021).

Salma memambahkan, untuk melengkapi bahan rumah jahe diperlukan juga beberapa komponen tambahan seperti telur dan susu segar untuk menambah rasa creamy. 

Tahap pertama, Salma menjelaskan, adalah membuat adonan kue jahe dengan mencampurkan bahan-bahan yang ada. Setelah adonan jadi, disimpan ke dalam chiller atau pendingin. 

"Diletakkan dalam pendingin seharian. Jika sudah, adonan bisa dikeluarkan dan dipipihkan sehingga membentuk lembaran. Karena ingin membuat rumah jahe mini, adonan tadi dipotong membentuk ukuran 60cmx40cm," jelas Salma. 

Adonan yang sudah dipotong kemudian diolesi susu untuk selanjutnya dioven dalam suhu 180 derajat celcius selama 7 menit. Setelah adonan matang menjadi lembaran kue kecil-kecil, kembali diolesi telur di atasnya. 

Baca juga: Bermain di Rumah Jahe saat Natal hingga Berdonasi untuk Panti Asuhan di Shangri-La Hotel Surabaya

"Setelah itu dioven lagi supaya mendapatkan warna cokelat shining. Selesai dioven bisa didinginkan dulu lalu dipotong-potong menyesuaikan bentuk bangunan. Misal kotak, segi panjang dan segi tiga untuk atap rumah," ujar Salma memaparkan. 

Tahap selanjutnya adalah merangkai kue jahe menjadi berbentuk rumah. Untuk merakitnya bisa menggunakan tusuk gigi sebagai pengait antarkue supaya lebih merekat erat. 

Setelah bangunan rumah jahe mini jadi, tahap selanjutnya yang harus dibuat adalah bahan untuk dekorasinya. Campuran putih telur dan gula halus diaduk sampai mengembang. 

Salma menambahkan sedikit perasan air lemon untuk menghilangkan rasa amis telut. Bahan dekorasi siap digunakan untuk menghias. 

"Tinggal dihias sesuai selera rumah jahe mininya. Supaya lebih menarik bisa ditambah dengan yummy gum, cokelat chacha dan lolipop. Untuk warna-warna lebih menarik, hiasan bisa ditambah pakai fondan yang diberi warna," pungkasnya. 

Untuk membuat kue jahe ini dibutuhkan waktu beberapa jam karena tahapannya cukup banyak. Namun menghiasnya hanya cukup 30 menit saja.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved