Breaking News:

Berita Otomotif

7 Komponen Mobil Bisa Bermasalah Jika Terkena Abu Vulkanik Gunung Berapi, Simak Cara Mengatasinya

Salah satu masalah baru dari erupsi gunung berapi adalah hujan abu vulkanik yang dapat membawa dampak buruk pada mobil karena memiliki kandungan pasir

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
ilustrasi warga mengemudi dikawasan wilayah terdampak erupsi gunung. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Salah satu masalah baru dari erupsi gunung berapi adalah hujan abu vulkanik yang dapat membawa dampak buruk pada mobil karena memiliki kandungan pasir kuarsa yang sangat tinggi dan bersifat asam.

Bahayanya, debu yang sangat halus tersebut punya tingkat ketajaman tinggi seperti pecahan kaca dan sanggup memicu karat. Apa saja komponen mobil yang wajib diwaspadai jika terkena abu vulkanik?

Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan ada 7 komponen mobil yang wajib diwaspadai jika terkena abu vulkanik.

Pertama, kaca mobil. "Jangan pernah menyeka abu vulkanik yang menempel di kaca mobil dengan wiper karena kaca berpotensi akan baret.

Kandungan silikon yang tinggi pada abu vulkanik membuatnya memiliki efek seperti potongan kaca," kata Tara, Kamis (23/12/21).

Untuk solusinya, Tara menghimbau, agar menyemprot kaca dengan air pembersih wiper dulu sebelum menyekanya. Atau lebih aman dengan menyiram kaca mobil menggunakan air mengalir atau air kemasan. Pastikan sudah tidak ada abu yang menempel dan lanjut diseka dengan kain lap.

Kedua, bodi mobil. "Hati-hati, biasanya abu gunung berapi mengandung asam yang sifatnya korosif, apalagi jika di bodi mobil ada kerusakan bekas kecelakaan. Jalan terbaiknya adalah dengan segera membilas bodi mobil menggunakan air mengalir setelah dipakai. Siram dulu kaca dan bodi mobil dengan air mengalir untuk meluruhkan abu vulkanik. Seka dengan kain lap kering dan pastikan bersih sempurna," jelasnya.

Ketiga, filter udara mesin.

Ibarat hidung manusia, filter udara menyaring udara yang masuk ke dalam ruang mesin. Abu vulkanik dapat menyusup ke ruang mesin bila kinerja filter udara sudah tidak optimal dan memicu masalah kesehatan mesin yang serius. Jangan ragu untuk menggantinya kalau terlalu kotor meskipun belum waktunya mengganti saringan udara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved