Breaking News:

Perawatan Aki yang Bisa Dilakukan Konsumen Honda di Rumah, Panaskan Motor Secara Berkala!

Perawatan aki motor yang bisa dilakukan konsumen Honda di rumah, jangan lupa panaskan motor secara berkala di pagi hari.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Mekanik MPM Honda saat mengecek kondisi aki motor milik konsumen setia Honda, Sabtu (1/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Aki adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Aki berfungsi sebagai penyuplai kelistrikan pada sepeda motor.

Fungsi aki lainnya yang lebih penting adalah untuk membantu saat pertama kali menghidupkan motor melalui electric starter.

Selain menjadi kunci utama agar starter motor dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign dan lampu indikator lainnya.

Pada dasarnya aki dibedakan menjadi 2, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Dan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batas di atas minimal agar aliran arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak mudah rusak.

Untuk aki kering mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki, sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah. Oleh karena itu aki ini dikatakan maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.

Kepala Bengkel AHASS MPM Motor Pasuruan, Budi Purwanto mengatakan, untuk perawatan aki motor yang bisa dilakukan oleh konsumen Honda di rumah, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan.

Langkah pertama, lakukan pengecekan ketinggian air aki setiap sebulan sekali. Kemudian tambahkan air aki jika ketinggian ari aki di bawah garis minimum, serta jangan menambahkan air aki melebihi batas atas.

Langkah kedua, lakukan pengecekan tegangan aki secara berkala. Apabila tegangan berkurang, maka tambahkan muatan listrik dengan menyetrum ulang.

Untuk tahap terakhir, bersihkan terminal aki secara berkala dari kotoran atau karat agar aliran listrik tetap stabil, terlebih di musim hujan.

Baca juga: Cara Merawat Kampas Rem Motor Honda Secara Cerdas, Cek Secara Berkala Setiap 4.000 Km

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved