Breaking News:

Gunung Semeru Erupsi

Warga Lereng Gunung Semeru Gelar Selamatan Awali Pembangunan Jembatan Gantung Gladak Perak

Warga lereng Gunung Semeru di Lumajang menggelar acara selamatan mengawali pembangunan jembatan gantung Gladak Perak. Ada kirab sesaji dan doa bersama

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Tony Hermawan
Masyarakat Kecamatan Candipuro, Lumajang, dan petugas penanganan bencana erupsi Gunung Semeru menggelar acara selamatan di sekitar Jembatan Gladak Perak, Selasa (11/1/2022) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Masyarakat Kecamatan Candipuro, Lumajang, dan petugas penanganan bencana erupsi Gunung Semeru menggelar acara selamatan di sekitar Jembatan Gladak Perak, Selasa (11/1/2022) siang.

Aneka makanan tersaji di sana. Ayam ingkung, sate kambing, berbagai macam kue, dan buah-buahan ditata apik dalam sebuah nampan.

Acara selamatan ini ditandai dengan kirab sesaji makanan dan diakhiri doa bersama. Semua yang hadir lalu memakan sajian bersama. 

PJ Camat Candipuro, Abdul Aziz mengatakan, acara selamatan ini digelar sebagai tanda untuk mengawali pembangunan jembatan gantung di Jalan Piket Nol.

Baca juga: Polisi Sebut Kantongi Identitas Perusak Sesajen di Lereng Gunung Semeru: Sudah Ada Titik Terang

"Biar semua selamat, pekerja selamat, serta pembangunan cepat dan lancar," ujar Aziz.

Soal ritual sesajen, kata Aziz, merupakan hal yang lumrah digelar warga lereng Gunung Semeru.

Dia mengatakan, hal tersebut merupakan warisan leluhur, dan sudah semestinya warga melestarikan budaya.

"Ini merupakan kearifan lokal. Mangkannya tolong siapa pun hargai adat istiadat ini. Jangan sakiti kami dengan aksi-aksi merusak sesajen," ujarnya.

Pantauan di lokasi, para pekerja sudah mulai membangun pondasi jembatan gantung. Letak jembatan gantung darurat berada persis di atas jembatan lama yang putus, ketika Gunung Semeru erupsi awal Desember 2021 lalu.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, pembangunan jembatan gantung ditarget selesai dalam waktu dua bulan. Sedangkan jembatan gantung ini didesain untuk bisa dilewati pejalan kaki dan maksimal pengendara sepeda motor.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved