Berita Jember

Kecamatan Sumberjambe, Surganya Durian di Jember, Cicipi Durian Nikmat yang Bikin Nagih

Kecamatan Sumberjambe menjadi surga durian di Jember, nikmati durian nikmat yang dijamin bikin nagih.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto mencicipi durian Sumberjambe Jember, Sabtu (19/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bagi pecinta durian, Kecamatan Sumberjambe, Jember, menjadi surga durian.

Berada di lereng Gunung Raung, membuat lahan di Kecamatan Sumberjambe cocok menjadi tempat budi daya durian.

Satu di antara sentra penghasil durian di kecamatan itu adalah Desa Rowosari, desa yang berbatasan langsung dengan lereng Gunung Raung.

Kekayaan desa itu akan durian sudah terkenal. Durian dari Desa Rowosari juga dikenal enak. Apalagi lahan durian di Desa Rowosari mencapai 70 hektare.

Namun warga desa setempat mengaku mengalami kendala penjualan. Kendala-kendala itu disampaikan oleh warga Desa Rowosari ketika bertemu dengan Bupati Jember, Hendy Siswanto yang sedang ngantor di Kecamatan Sumberjambe, Sabtu (19/2/2022).

Hendy Siswanto dan sejumlah pejabat Pemkab Jember selama dua hari ngantor di Sumberjambe dalam Program Jember Hadir untuk Rakyat (JHur), Jumat (18/2/2022) dan Sabtu (19/2/2022).

Pada Sabtu (19/2/2022), Hendy Siswanto dan pejabat Pemkab Jember berkeliling ke sejumlah desa, satu di antaranya ke Desa Rowosari. Di Kantor Desa Rowosari, Bupati Hendy Siswanto menyapa warga yang sedang menggelar pameran durian.

Di sana, aneka jenis durian tersaji, sebut saja durian kasur, durian susu, juga durian ketan. Melihat potensi luar biasa di Rowosari, Hendy Siswanto menegaskan, pihaknya akan menyediakan pasar buah di Kecamatan Sumberjambe.

"Karena potensi buahnya sangat luar biasa, jadi produk unggulan, terutama durian Sumberjambe. Kami akan fasilitasi dengan membuat pasar buah di Sumberjambe," tegas Hendy Siswanto usai mencicipi aneka durian Sumberjambe, Sabtu (19/2/2022).

Partijan, warga Desa Rowosari menyambut baik rencana bupati tersebut. Dia bersama para petani durian di Sumberjambe berharap, durian bisa terserap ke konsumen akhir (end-user) secara langsung.

"Selama ini durian kami diserbu tengkulak, baik dari dalam Jember maupun luar Jember. Kami ingin menjual langsung ke pelanggan akhir, supaya ada perbaikan harga," tegas Partijan.

Dari pengamatan Tribun Jatim Network di sejumlah sentra penjualan durian di Jember, seperti di Kecamatan Pakusari, durian asal Sumberjambe memang menjadi favorit. Bahkan durian Sumberjambe yang masuk standar bagus masuk ke supermarket.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved