Berita Jember

Pemkab Jember Gelar Pasar Murah Ramadan di 31 Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Pasar Murah di Bulan Ramadan 1443 H/2022. Pasar Murah ini dimulai 7

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/SRI WAHYUNIK
Pasar Murah Ramadan Pemkab Jember di Kecamatan Rambipuji, Kamis (7/4/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Pasar Murah di Bulan Ramadan 1443 H/2022. Pasar Murah ini dimulai 7 April 2022 hingga 28 April mendatang.

"Pasar Murah ini digelar di 31 kecamatan se-Kabupaten Jember. Per harinya digelar di dua kecamatan. Hari ini di hari pertama, kami gelar di Kecamatan Rambipuji dan Bangsalsari," ujar Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Jember Leon Lazuardy kepada Surya (Tribun Jatim Network), Kamis (7/4/2022).

Disperindag bekerjasama dengan masing-masing kecamatan yang menjadi lokasi Pasar Murah. Dia juga bekerjasama dengan sejumlah produsen maupun distributor bahan pokok dan penting.

"Karena tujuan kami memang menjual bahan pokok dan penting dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar, ini untuk membantu masyarakat," ujar Leon.

Baca juga: Ada Gelas di Dalam Perut Warga Jember, Pihak RS Ungkap Hasil Analisa, Sebut Bisa Masuk Lewat Sini

Beberapa bahan pokok dan penting yang dijual antara lain beras, gula, juga minyak goreng. Beberapa kebutuhan makanan penunjang lain juga ada di Pasar Murah, seperti makanan beku, susu, maupun aneka bumbu.

Disperindag juga menggandeng toko pakaian, seperti yang terlihat di Pasar Murah Kecamatan Rambipuji. Barang yang menjadi sasaran warga adalah gula, juga pakaian murah yang dijual di stand toko pakaian.

"Untuk gula pasir, kami bekerjasama dengan PG Semboro, jadi harganya memang lebih murah dari harga pasar. Tadi bawa 3 kuintal habis," imbuh Leon.

Harga gula pasir dijual Rp 12.500 per Kg. Ini tentu lebih murah jika dibandingkan dengan harga gula di pasaran yang mencapai Rp 14.000 per Kg.

Baca juga: Tiga Bulan Terbaring Lemah, Ternyata Ada Gelas di Dalam Perut Warga Jember, Hasil Rontgen Jadi Bukti

Dari pantauan Tribun Jatim Network, beberapa harga bahan pokok dan penting selain gula yang dijual oleh PG Semboro, masih tidak terlalu jauh dari harga pasar. Perbedaan harga sekitar Rp 500 dengan harga pasar.

Warga malah lebih banyak menyerbu pakaian di stand toko pakaian. Pakaian busana Muslim anak, laki-laki, juga perempuan banyak mereka serbu.

Sementara itu, di setiap perhelatan Pasar Murah, setiap kecamatan juga menggandeng pelaku UMKM di wilayah mereka.

Produk UMKM disediakan stand tersendiri. Produk UMKM di Kecamatan Rambipuji yang dipamerkan dan dijual antara lain produk anyaman bambu dari Desa Nogosari, aneka batik dan eco-print, juga produk UMKM makanan dan minuman.

Baca juga: Gelar Pasar Takjil, Pemkot Blitar Terapkan Pembayaran Nontunai, Wali Kota: Transaksi Lebih Aman

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved