Ramadan 2022

Ramadhan Pusat Inkubasi

Kedatangan bulan suci Ramadhan, pasti diidamkan oleh orang-orang yang beriman...

Editor: Taufiqur Rohman
Istimewa
Kepala Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS)-MUI Jatim, Dr Ir H Jumadi MMT. 

Oleh: Dr Ir H Jumadi MMT

Kepala Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS)-MUI Jatim

TRIBUNJATIM.COM - Kedatangan bulan suci Ramadhan, pasti diidamkan oleh orang orang yang beriman. Kebarokahan, ampunan, sederetan harapan bagi ummat yang menjalankannya tentu dengan atribut, keikhlasan dalam menjalankan semata demi Ridha Allah.

Inkubasi sendiri memiliki format dalam mengelola proses sebuah produk untuk kompetitif di eksternal market/spacial.

Demikian pula puasa sebagaimana diperintahkan Allah dalam surat 2 ayat 183, akan menjadikan orang orang mukmin masuk ruang “inkubasi” selama bulan ramadhan untuk menjadi pribadi yang kompetitif di eksternal space ramadhan dengan predikat “Taqwa”.

Nilai ketaqwaan tentu akan menjadi eksplisit ketika seseorang melakukan aktivitas diantaranya dalam kehidupan sehari hari baik dalam ruang sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya. Nilai Kepercayaan & Kejujuran adalah di antaranya.

Kepercayaan dan kejujuran, nilai yang sangat menonjol dalam seseorang menjalankan puasa, dalam kesendirian, dia akan tetap menjalankannya, walaupun tidak seorangpun melihatnya.

Dia takut melakukan distortif puasa, hanya semata karena Allah. Ini adalah nilai yang luar biasa, yang dibangun setiap tahun dibulan suci ramadhan sebagai pusat inkubasi orang orang yang beriman, untuk terus meningkatkan kualitas ketaqwaanya, yang sebagian kecil diantaranya dengan indikator bahwa seseorang itu akan mendapatkan brand “dipercaya dan jujur”.

Lalu bagaimana kepercayaan dan kejujuran akan mampu dikonversi kedalam ruang kehidupan ? khususnya dalam misi ekonomi ?

Ramadhan sebagai pusat Inkubasi, diharapkan akan menghasilkan produk yang kompetitif (orang orang mukmin yang memiliki kualitas ketaqwaan dengan indikator diantaranya dipercaya dan jujur).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved