Berita Mojokerto

Puncak Arus Mudik, Ribuan Kendaraan Keluar Exit Tol Penompo Mojokerto

Berdasarkan data dari Pos Pantau Polresta Mojokerto kurang lebih 2.035 kendaraan keluar dari pintu exit Tol Penompo

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Taufiqur Rohman
Tribun Jatim Network/Mohammad Romadoni
Gerbang exit Tol Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Ribuan kendaraan pemudik mulai memasuki wilayah Kota/Kabupaten Mojokerto.

Berdasarkan data dari Pos Pantau Polresta Mojokerto kurang lebih 2.035 kendaraan yang keluar dari pintu exit Tol Penompo, pada Jumat (29/4/2022).

Adapun kendaraan yang masuk melalui gerbang Tol Penompo kini mencapai sekitar 2.472 kendaraan.

Kasatlantas Polresta Mojokerto, AKP Heru Sudjoto Budi Santoso mengatakan pihaknya telah menyiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas untuk menghadapi ribuan kendaraan pemudik yang keluar melalui exit Tol Penompo maupun dari Tol Mojokerto Barat, Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

Kendaraan yang keluar dari dua gerbang tol tersebut akan terus bertambah mengingat puncak arus mudik diprediksi mulai malam ini, pada 29-31 April 2022.

Baca juga: Petasan Meledak Jelang Waktu Berbuka, Lukai 4 Orang dan Porak-Porandakan Rumah Warga di Kediri

"Iya, ada peningkatan jumlah kendaraan namun kondisi arus lalu lintas di exit Tol Penompo ramai lancar tidak sampai terjadi kepadatan kendaraan," jelasnya saat dikonfirmasi Surya.co.id (Tribun Jatim Network), Jumat (29/4/2022).

Heru menjelaskan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus akan diterapkan situasional apabila terjadi kepadatan kendaraan yang memicu kemacetan terutama jalan raya dari maupun menuju gerbang Tol Penompo.

"Pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan guna mengantisipasi kemacetan di tengah Kota Mojokerto," ungkapnya.

Rencana pengalihan arus lalu lintas dari exit Tol Penompo kendaraan keluar menuju jalan raya Nasional Bypass dari arah Surabaya-Jombang.

Kendaraan akan dialihkan setibanya di perempuan Sekarputih menuju Jalan Empu Nala, Jalan Benteng Pancasila (Benpas), Jalan Pahlawan, Jalan Raden Wijaya dan simpang tiga Pekayon Jl Majapahit menuju Jl Basuni Sooko Kabupaten Mojokerto.

Sedangkan, kendaraan dari arah Jombang- Surabaya melalui Mojokerto jika terjadi kepadatan akan dialihkan melalui Jl Basuni, melawati simpang tiga Jl Kartini, Jalan Taman Siswa (Lapas), belok kiri menuju Jembatan Gajah Mada hingga memasuki jalan raya menuju Jetis (Ajinomoto).

"Kita akan terapkan pengalihan arus jika situasinya Crowded kendaraan dari exit Tol Penompo arah Surabaya-Jombang maupun sebaliknya," bebernya.

Setidaknya, ada 50 personel gabungan dari Satlantas dan SatSamapta yang setiap hari siaga di pos pantau maupun mobile selama 24 jam untuk menjaga kondusivitas maupun kelancaran lalu lintas di wilayah Polresta Mojokerto.

"Ada personel gabungan dari Satlantas dan SatSamapta patroli di sepanjang jalan yang berpotensi rawan kepadatan kendaraan maupun kecelakaan, ini salah satu upaya kita untuk mengantisipasi potensi kemacetan menjelang lebaran maupun sesudahnya terutama di Tol Penompo dan Tol Mojokerto Barat," ucap Heru.

Ikuti berita seputar Mojokerto

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved