Berita Jember

Cegah Demam Berdarah, PMI Jember Asapi Ponpes Al-Qodiri Jelang Kedatangan Santri

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember melakukan pengasapan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qodiri Jember, Rabu (11/5/2022). Pengasapan

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
PMI Jember
Fogging di Ponpes Al-Qodiri Jember, Rabu (11/5/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember melakukan pengasapan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qodiri Jember, Rabu (11/5/2022).

Pengasapan dilakukan H-1 menjelang kedatangan para santri di Ponpes tersebut.

Pengasapan itu dilakukan untuk mengantisipasi supaya tidak menyebarnya penyakit demam berdarah dengue yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Pihak Ponpes bekerjasama dengan PMI Jember melakukan pengasapan, karena beberapa waktu asrama Ponpes ditinggal libur oleh para santri.

Di sisi lain, hujan masih kerap turun di Kabupaten Jember, termasuk di Kecamatan Patrang, lokasi Ponpes Al-Qodiri berada.

Baca juga: Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah atau DBD, Ketahui 3 Fasenya dan Cara Pengobatan Agar Cepat Sembuh

“Besok santri akan kembali ke pondok pesantren setelah libur Ramadhan dan Idul Fitri, agar tidak terkena demam berdarah, jadi kami selaku pengurus pondok pesantren berusaha melakukan pencegahan yakni fogging yang dilakukan oleh relawan PMI Jember,” kata Biro Kepesantrenan Ponpes Al-Qodiri, Achmad Baihaqi.

Beberapa tempat yang menjadi sasaran pengasapan antara lain kamar santri, juga kamar mandi para santri.  Tempat tersebut menjadi kunci utama karena lembab serta masih ditemukan genangan air yang mempercepat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Menggunakan dua mesin fogging, relawan PMI satu per satu melakukan pengasapan di seluruh lingkungan pondok pesantren yang memiliki 4000 santri itu. Pencegahan tersebut juga dilakukan oleh pondok pesantren lain yang ada di jember.

“Ada permintaan pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah dari pengurus pondok pesantren, dan hari ini personel dari PMI Jember datang ke sini untuk melakukan fogging, apalagi besok santri sudah mulai kembali ke pondok," ujar Kepala Markas PMI Jember Rupianto.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved