Mengenal Fungsi dari WHO IS Protection pada Nama Domain

informasi merupakan aset penting yang sebaiknya harus dilindungi, sehingga kita harus mengenal fungsi dari WHO IS Protection pada nama domain.

Editor: Taufiqur Rohman
Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi - Pentingnya mengenal fungsi dari WHO IS Protection pada nama domain 

TRIBUNJATIM.COM - Di zaman serba digital seperti sekarang ini, informasi merupakan aset penting yang sebaiknya harus dilindungi. Terlebih lagi jika informasi tersebut menyangkut hal-hal sensitif, seperti data pribadi, alamat rumah, ataupun nomor telepon yang tidak seharusnya diketahui oleh banyak orang.

Cukup banyak resiko yang bisa kamu dapatkan ketika data-data pribadi sudah tersebar di area publik. Tidak hanya bisa meningkatkan potensi kejahatan cyber yang bisa menyerang kapan saja, namun kamu juga lebih beresiko menerima serangan verbal atau ancaman fisik karena alamat dan lokasi bisa diketahui secara jelas .

Fitur WHOIS Protection yang ada pada nama domain bisa menjadi salah satu fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk mencegah penyebaran informasi pribadi terjadi.

WHOIS Protection sendiri secara umum akan membantu menyembunyikan nama lengkap, alamat, nomor telepon, hingga alamat email pribadimu agar tidak bisa diketahui oleh sembarang orang. DomaiNesia menyediakan WHO IS Protection terbaik saat ini. Selain itu juga menyediakan hosting murah yang bisa bayar bulanan.

Fungsi dari WHO IS Protection pada Nama Domain

Berikut ini merupakan sejumlah fungsi WHOIS Protection yang perlu kamu ketahui ketika ingin beli domain. Selain meminimalisir penyebaran data pribadi, penggunaan fitur ini juga bisa mencegah adanya SPAM dan potensi ancaman lain dari kompetitor bisnis.

1. Melindungi Alamat Rumah Pemilik Nama Domain

Seperti kita ketahui, alamat rumah atau kantor bisnis merupakan salah satu informasi yang bisa didapatkan dari pengecekan WHOIS domain. Jadi, jika ada netizen atau kompetitor bisnis yang memiliki niat tidak baik, mereka bisa saja dengan mudah menyatroni lokasi tersebut untuk melakukan hal-hal diluar batas kewajaran.

Menyertakan alamat kantor bisnis memang tidak selamanya menimbulkan dampak negatif, terlebih bagi perusahaan yang memang membutuhkan interaksi secara offline untuk menjual produk maupun memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Langkah pencegahan seperti menutup informasi WHOIS protection sendiri mungkin terdengar lebay bagi sebagian orang. Tapi percayalah, jika bisnismu memang tidak memerlukan interaksi secara offline lebih baik menyamarkan data sensitif seperti ini untuk menghindari hal-hal buruk diluar kendali.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved