Berita Jember

RSD dr Soebandi Jember Jadi Rumah Sakit Tipe B Pertama di Jatim yang Lakukan Operasi Bedah Jantung

RSD dr Soebandi Jember menjadi rumah sakit tipe B pertama di Jawa Timur yang melakukan operasi bedah jantung. Operasi dilakukan pada wanita 22 tahun.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Tiga di depan dari kanan ke kiri, dr Heroe Soebroto dari RSUD dr Soetomo Surabaya, Bupati Jember Hendy Siswanto, dan Direktur RSD dr Soebandi Jember, dr Hendro Soelistijono, saat menjelaskan operasi bedah jantung dan layanan jantung terpadu di RSD dr Soebandi Jember, Sabtu (14/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - RSD dr Soebandi Jember untuk pertama kali melakukan operasi bedah jantung terbuka (open heart surgery) pada Sabtu (14/5/2022).

Operasi ini merupakan operasi yang pertama dilakukan oleh rumah sakit tipe B di Jawa Timur.

Sebagai informasi, di Jawa Timur, rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi bedah jantung atau bedah kardiovaskular adalah rumah sakit tipe A, seperti RSUD dr Soetomo Surabaya, dan RSUD Saiful Anwar Malang.

Operasi dilakukan oleh tim medis RSD dr Soebandi Jember, didampingi oleh tim dari Program Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT) RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Hari ini untuk pertama kalinya, kami tim di RSD dr Soebandi Jember dengan dipandu dan didampingi oleh tim dari RSUD dr Soetomo melakukan operasi bedah jantung," ujar Direktur RSD dr Soebandi Jember, dr Hendro Soelistijono saat konferensi pers, Sabtu (14/5/2022).

Hendro menuturkan, ada sekitar 80an rumah sakit tipe B di seluruh Jawa Timur.

"Dan baru RSD dr Soebandi rumah sakit tipe B yang bisa melakukan operasi bedah jantung ini," tegasnya.

Operasi bedah jantung tersebut didukung oleh peralatan yang telah dimiliki oleh rumah sakit milik Pemkab Jember itu sejak empat tahun lalu. Namun peralatan dan ruang operasi bedah jantung baru lengkap tahun 2021 kemarin.

"Sehingga baru sekarang bisa dioperasikan," imbuh dr Hendro Soelistijono.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved