Kecelakaan Maut Bus di Tol Sumo

Sopir Bus Maut Tol Sumo Berpotensi Jadi Tersangka, Kapolda Jatim Ungkap Hasil Penyelidikan Awal

Sopir bus maut di Tol Sumo (Tol Surabaya-Mojokerto) berpotensi jadi tersangka, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta ungkap hasil penyelidikan awal.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Bus Ardiansyah menabrak tiang papan pemberitahuan bahu jalan di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), KM 712.400/A, Senin (16/5/2022) pagi. Akibat kecelakaan tunggal bus bernopol S-7322-UW itu, 13 orang penumpang dikabarkan tewas. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sopir bus pariwisata Ardiansyah bernopol S-7322-UW yang terlibat kecelakaan maut di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), KM 712.400/A, hingga menewaskan belasan penumpang, berpotensi menjadi tersangka.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, saat ditemui awak media di Mapolda Jatim. 

Status hukum terhadap sopir bus tersebut, didasarkan pada informasi awal keterangan dari si sopir yang telah dilakukan proses pemeriksaan awal. 

"Betul, sopir berpotensi jadi tersangka, karena menyebabkan kecelakaan hingga meninggal dunia," ujar Irjen Pol Nico Afinta di Mapolda Jatim, Senin (16/5/2022). 

Apalagi, lanjut Irjen Pol Nico Afinta, sopir bus tersebut, sempat mengakui jikalau dirinya dalam keadaan mengantuk saat mengemudikan bus saat melintas di KM tersebut. 

"Kami pastikan, yang bersangkutan (sopir) mengakui sementara mengantuk, tapi kami masih akan mendalami kecelakaan tersebut," jelasnya. 

Hingga pukul 14.00 WIB, Irjen Pol Nico Afinta mencatat, ada 14 orang tewas dalam insiden kecelakaan maut bus di Tol Sumo.

Sedangkan belasan orang lainnya, dikabarkan mengalami luka-luka dan masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. 

"Untuk penumpang yang sedang dirawat, kami akan pastikan mereka akan dirawat dengan baik di rumah sakit," terangnya. 

Mengantisipasi agar insiden serupa tidak terulang kembali, Irjen Pol Nico Afinta menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap seluruh pengemudi.

Selain itu, ia juga tak henti-hentinya mengimbau agar para pengendara mematuhi aturan dan rambu lalu lintas di sepanjang jalan yang sedang dilaluinya. 

"Dan apabila sopir capek atau lelah, untuk berkomunikasi dengan manajernya, supaya sopir atau driver yang tidak siap, jangan membawa bus, untuk disiapkan driver lainnya," pungkasnya. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Kecelakaan Maut Bus di Tol Sumo

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved