Berita Kota Blitar

Optimalkan Fungsi Terminal Tipe C, Dishub Kota Blitar Berencana Buat Angkot Wisata

Untuk mendukung dan mengoptimalkan fungsi Terminal Tipe C, Dishub Kota Blitar berencana membuat angkutan kota (angkot) wisata.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Kepala Dishub Kota Blitar, Juari mengatakan, Dishub Kota Blitar sedang mengkaji pengoperasian angkutan kota untuk wisata di Terminal Tipe C, Jumat (20/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Untuk mendukung pengoperasian bangunan baru Terminal Tipe A Patria Blitar, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar akan mengoptimalkan fungsi Terminal Tipe C.

Dishub Kota Blitar sedang mengkaji pengoperasian angkutan kota untuk wisata di Terminal Tipe C. 

Kepala Dishub Kota Blitar, Juari mengatakan, posisi Terminal Tipe C sangat strategis karena berdampingan dengan Terminal Tipe A Patria. 

Untuk itu, Dishub Kota Blitar akan mengoptimalkan fungsi Terminal Tipe C untuk mendukung pengoperasian Terminal Patria Blitar. 

"Pembangunan Terminal Tipe A Patria sudah hampir selesai. Bangunannya cukup megah untuk tingkat Kota Blitar. Untuk itu, kewenangan kami di Terminal Tipe C juga berbenah untuk mendukung Terminal Tipe A," kata Juari, Jumat (20/5/2022). 

Pembenahan Terminal Tipe C dilakukan secara bertahap. Dishub sudah membenahi tempat parkir di Terminal Tipe C tahun lalu. 

Rencananya, tahun ini, Dishub akan membangun Taman Lalu Lintas di bagian depan Terminal Tipe C. 

"Kami tata secara bertahap, termasuk kios juga akan kami tata," ujarnya. 

Lebih penting lagi, kata Juari, harus ada angkutan kota (angkot) untuk mengoptimalkan fungsi Terminal Tipe C. 

Menurutnya, kondisi angkot di Kota Blitar sudah sepi sejak 2005. Sekarang, jumlah angkot di Kota Blitar tinggal enam unit dan disewa untuk angkutan sekolah gratis. 

"Sekarang, kami sedang mengkaji angkutan kota apa yang tepat di Kota Blitar untuk mengoptimalkan fungsi Terminal Tipe C," katanya. 

Dikatakannya, Dishub berencana membuat angkot untuk wisata. Angkot wisata itu bisa menghubungkan ke terminal, stasiun, maupun destinasi wisata di wilayah Blitar Raya.

"Kami masih mengkaji rencana itu. Sebab, kalau tidak angkutan, Terminal Tipe C tidak bisa berfungsi dengan baik. Termasuk angkutan online juga sedang kami komunikasikan agar bisa masuk di Terminal Tipe C," ujarnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Kota Blitar

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved