Berita Otomotif

Review R15 Connected Pasca Test Ride Jalur Surabaya-Mojokerto, Terikan Gas Ringan dan Responsif

Beberapa pekan lalu, Tribun Jatim Network berkesempatan menjajal langsung Yamaha All New R15 M Connected. Tipe yang dipakai Tribun Jatim Netwo

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Fikri Firmansyah
Tampilan keren Yamaha All New R15 M Connected yang sempat di jajal oleh Tribun Jatim Network, Selasa (24/5/22). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Beberapa pekan lalu, Tribun Jatim Network berkesempatan menjajal langsung Yamaha All New R15 M Connected. Tipe yang dipakai Tribun Jatim Network saat mengendarai motor yang kece ini adalah varian tipe tengah, alias berada di atas Yamaha All New R15 Connected dan berada di bawah New R15 M Connected-ABS edisi WGP 60th.

Saat test ride menuju ke Mojokerto dengan start dari Kota Surabaya, motor yang sekarang sering disebut sebagai motor fairing terbaik di kelasnya ini benar-benar memiliki kecepatan yang mempuni.

Terlebih ketika gas pol di jalan raya Porong. Di daerah ini, jarum jam speedometer sukses menyentu di angka 145, meskipun arus lalu lintasnya tidak sepi sunyi.

Untuk mengetahui hal-hal apa yang menyebabkan motor terbaru Yamaha R15 ini begitu cepat, Tribun Jatim Network berkesempatan mewancarai langsung pihak main diler Yamaha terbesar di wilayah Indonesia Timur, yakni Yamaha STSJ.

GM Service Yamaha STSJ, Ilham Wahyudi menjelasakan, kecepatan istimewa yang di dapat ketika mengendarai Yamaha R15 Connected, khususnya yang tipe M, bukan karena hanya dari mesin yang di gendongnya.

Baca juga: Berlimpah Fitur Modern, Yamaha R15 Tidak Ada Lawan, Miliki Fitur Moge

"Jadi karena mesinnya sudah top, tapi juga ada fitur-fitur yang turut berperan. Sehingga ketika gas pol pakai motor ini, tentunya akan merasa sangat cepat," ujar Ilham kepada Tribun Jatim Network, Selasa (24/5/22).

Ia menjelaskan, fitur yang diusung motor ini ada Dual Channel Anti-lock Braking System alias Dual Channel ABS (hanya ada pada All New R15 M Connected-ABS dan All New R15 M Connected-ABS edisi WGP 60th) yang membantu pengendara melakukan control pengereman agar semakin optimal dan menariknya fitur ini juga dipadukan dengan fitur Tranction Control System atau disingkat TCS (hanya ada pada All New R15 M Connected-ABS dan All New R15 M Connected-ABS edisi WGP 60th), yang mana berfungsi guna mencegah ban belakang selip ketika motor sedang berakselarasi di segala kondisi medan.

Selain itu, fjuga berkat fitur quick shifter (hanya ada pada All New R15 M Connected-ABS dan All New R15 M Connected-ABS edisi WGP 60th) yang berfungsi meningkatkan performa berkendara. Fitur ini juga ditemani fitur Assist & Slipper Clutch yang dapat meringankan tarikan kopling guna mencegah terjadinya selip ketika pengendara melakukan perpindahan gigi secara cepat.

Kemudian juga ada fitur Big Bike Engine Switch Off ((hanya ada pada All New R15 M Connected-ABS dan All New R15 M Connected-ABS edisi WGP 60th). Kendati namanya cukup panjang, tapi sebenarnya fitur ini merupakan tombol starter yang juga berfungsi menjadi engine cut off. Di fitur ini tombol yang tersedia punya 3 fungsi. Posisi paling atas sebagai engine cut off, posisi tengah untuk standby, dan paling bawah untuk starter.

"Nah kesemua fitur istimewa itu lah yang kemudian dipadukan dengan kapasitas mesin 155cc SOHC, 4 Katup dan bependingin cairan serta memiliki daya maksimum 14,2 Kw/1000 rpm dan torsi 14,7 Nm/8500 rpm, sehingga mampu memberikan sensasi berkendara yang memuaskan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved