Berita Pasuruan

Program Pelangi, Solusi Bagi Masyarakat Pasuruan yang Miliki Tunggakan BPJS untuk Segera Dilayani

Dinas Kesehatan Kota Pasuruan terus mensosialisasikan program “PELANGI” (Pelayanan Pengaktifan KIS Walaupun Memiliki Tunggakan Premi).

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
Wawali Kota Pasuruan Mas Adi saat memberikan sosialisasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Dinas Kesehatan Kota Pasuruan terus mensosialisasikan program “PELANGI” (Pelayanan Pengaktifan KIS Walaupun Memiliki Tunggakan Premi).

Program Pelangi ini adalah salah satu program prioritas Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi).

Pelangi hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang memiliki KTP Pasuruan. Pelangi ini bisa membantu masyarakat yang memiliki tunggakan pembayaran.

Masyarakat yang mempunyai tunggakan pembayaran BPJS kesehatan bisa mengaktifkan kembali kartunya dengan tidak harus melakukan pelunasan dahulu.

Ini adalah wujud komitmen Pemkot Pasuruan meningkatkan kemudahan akses pelayanan khususnya kesehatan bagi masyarakat Kota Pasuruan.

Baca juga: Jalanan Kota Pasuruan Bakal Lebih Terang, Pemkot Berencana Tambah 150 Titik Penerangan Jalan Umum

Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo mengatakan, program Pelangi adalah wujud konkret pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat.

"Kehadiran pemerintah bukan hanya kehadiran fisik saja, tapi juga melalui kebijakan. Harapannya, kebijakan PELANGI ini bisa bermanfaat," katanya.

Dia menjelaskan, Pelangi ini adalah bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Pasuruan kepada masyarakat dengan memberikan relaksasi kepada masyarakat.

"Kartu bisa aktif kembali bagi peserta yang memiliki tunggakan premi dan juga meringankan beban bagi peserta yang menunggak," paparnya.

Dalam program Pelangi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yakni membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan KTP Kota Pasuruan.

Selanjutnya, masyarakat harus mengurusnya di Mall Pelayanan Publik (MPP) di ex Mall Poncol sesuai dengan jam operasional yang berlaku.

Manfaat program PELANGI ini adalah kartu langsung aktif, bisa untuk rawat jalan, tidak harus pelinasan tunggakan dahulu, dan bisa untuk rawat inap di kelas III.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved