Berita Jatim

KIB Jawa Timur Buka Peluang Masuknya Parpol Lain, PKB Jatim Tegaskan Koalisi Tunggu Instruksi DPP

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jawa Timur membuka peluang masuknya parpol lain, PKB Jatim tegaskan koalisi akan menunggu instruksi DPP.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi menanggapi perihal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jawa Timur yang membuka peluang bergabungnya partai lain, Senin (13/6/2022).  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur (PKB Jatim) menyatakan, untuk urusan koalisi, pihaknya akan sepenuhnya tunduk dan patuh pada keputusan partai di tingkat pusat.

Saat ini, mereka masih menunggu langkah resmi dari PKB terkait koalisi untuk kontestasi 2024 mendatang. 

Pernyataan ini disampaikan Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi saat dimintai tanggapan perihal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jawa Timur yang membuka peluang bergabungnya partai lain. 

"Kami lihat dulu pusat, lihat garisnya di Jakarta. Karena tidak mungkin di Jatim tiba-tiba PKB gabung sementara lampunya dari DPP belum ada," kata Fauzan Fuadi di Surabaya, Senin (13/6/2022). 

Bagi PKB Jatim, lanjut Fauzan Fuadi, apa yang menjadi keputusan partai di tingkat pusat, nantinya juga akan sepenuhnya dilakukan di Jawa Timur. Sebab, sejak awal telah memantapkan diri untuk tunduk dan patuh pada Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar

"Beliau adalah pemegang mandat tertinggi untuk memutuskan, apa keputusannya akan kita ikuti," jelas Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim tersebut. 

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jawa Timur yang beranggotakan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membuka peluang masuknya parpol lain di luar anggota saat ini. 

Sekalipun koalisi di pusat masih diisi tiga partai tersebut, namun mereka tak menutup pintu jika ada yang ingin bergabung di tingkat Jawa Timur. 

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji mengatakan, pihaknya tetap terbuka perihal kemungkinan itu. Pernyataan ini juga diamini oleh pimpinan partai anggota koalisi KIB di Jatim. 

"Kalau ada partai politik yang belum bergabung di pusat, tapi mau bergabung di Jawa Timur, boleh juga dengan senang hati," kata Sarmuji seusai pertemuan dengan pimpinan PAN dan PPP Jatim, Senin (13/6/2022). 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved