Galakkan Electrifying Agriculture, PLN Kembali Bantu Jawara Farm

Galakkan pertanian berbasis kelistrikan atau electrifying agriculture, PLN kembali membantu Jawara Farm dalam peningkatan usaha.

Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
PLN membantu Jawara Farm untuk meningkatkan usaha dengan menggunakan pertanian berbasis kelistrikan atau electrifying agriculture, 2022. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Usaha hidroponik menjadi usaha yang sangat berkembang pesat, khususnya di masa pandemi Covid-19 (virus Corona). Berangkat dari kepedulian PLN terhadap usaha peningkatan taraf hidup masyarakat serta untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan usaha UKM, PLN kembali bantu Jawara Farm.

Mitra Binaan PLN yang telah menginjak tahun ke-3 ini, kembali dibantu PLN dalam peningkatan usaha. Pertanian berbasis kelistrikan yang dikenal dengan electrifying agriculture menjadi pilihan utama, di mana melalui pemakaian alat kelistrikan dalam usaha ini, proses panen semakin optimal dikarenakan waktu panen menjadi lebih cepat. Setelah tahun sebelumnya berhasil naik kelas dari sisi penjualan, penambahan karyawan, dan sebagainya, tahun ini PLN kembali membina Jawara Farm melalui penambahan alat kelistrikan untuk peningkatan produktivitas hidroponik, hingga perbaikan pengemasan untuk peningkatan pemasaran.

Usaha ini menjadi semakin maju dan dilirik oleh banyak pihak. Pemilik usahapun sering diminta menjadi pembicara dalam berbagai forum pelatihan hidroponik, baik di Surabaya maupun di Madura. Kiprahnya sebagai penggiat UKM hidroponik semakin diakui, penjualan dari hasil sayur hidroponik, maupun hasil olahan hidroponik serta usaha penjualan alat-alat budi daya hidroponik semakin dikenal di pasaran. Ditambah legalitas usaha yang didapatkan dari bantuan PLN Peduli yang menjadi poin plus bagi Jawara Farm dalam menjalankan usahanya.

Ditemui dalam penyerahan bantuan, Ketua Jawara Farm, SuIihan menyatakan apresiasi terhadap PLN atas bantuan dan pembinaan selama 3 tahun terakhir. Sulihan juga menambahkan, melalui bantuan dari PLN, usahanya mengalami banyak kemajuan, baik dari segi legalitas usaha, fasilitas produksi sayuran hidroponik sampai bantuan alat kelistrikan yang menunjang kegiatan hidroponik. Usahanyapun berhasil menambah tenaga kerja baru.

“Alhamdulilah kami sangat terbantu dengan bantuan PLN melalui PLN Peduli. Selama 3 tahun terakhir banyak perkembangan yang kami bisa raih dengan bantuan dari PLN. Tahun ke-3 ini kami kembali dibantu sebesar Rp 50.000.000,- merupakan anugerah yang luar biasa, setelah 2 tahun kemarin semasa pandemi kami dibantu dengan total bantuan seluruhnya Rp 140.000.000,-. Dengan adanya bantuan ini rencana kami untuk menambah fasilitas produksi seperti growth light dan perbaikan kemasan baru untuk keperluan perluasan pemasaran kami optimistis dapat terwujud. Dengan growth light kami dapat panen dengan waktu 2x lebih cepat," ujarnya seperti rilis yang diterima TribunJatim.com pada Jumat (24/6/2022).

"Dalam kurun 3 tahun ini banyak perkembangan yang terlihat nyata, fasilitas produksi bertambah, legalitas dapat kami raih untuk meraih pasar-pasar premium yang kami harap dapat kami capai ke depan, dan tahun ini kamipun optimistis peningkatan pemasaran kami akan dapat kami optimalkan. Terima kasih PLN, seluruh bantuan ini akan kami optimalkan dengan amanah," tambahnya.

Ditemui dalam kesempatan berbeda, General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, mengatakan, PLN kerap melakukan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Melalui Program PLN Peduli, PLN ikut membantu pemerintah melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dicanangkan pemerintah.

Lebih lanjut Muhammad Ramadhansyah mengatakan, Jawara Farm telah menjadi mitra binaan PLN selama 3 tahun berturut-turut dan memiliki progres perkembangan yang baik, hal ini dapat dilihat dari penambahan fasilitas produksi yang berhubungan dengan kelistrikan dan juga yang berkaitan dengan sarana hidroponik, dan juga pembuatan legalitas usaha serta bantuan kemasan penjualan produk juga seragam karyawan Jawara Farm.

“PLN senantiasa berupaya memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat. Peningkatan keandalan kelistrikan yang PLN lakukan, tentu juga untuk masyarakat, terutama di masa peralihan pandemi menjadi endemi ini yang pasti kebutuhan kelistrikan semakin menggeliat. Di sisi lain, PLN juga kerap menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat melalui Program PLN Peduli. Kami mengharapkan melalui kiprah PLN dalam membantu masyarakat, taraf hidup masyarakat dapat meningkat," ujarnya.

"Kami juga ingin menunjukkan bahwa dengan gaya hidup sekarang, di mana listrik bisa dikatakan menjadi fasilitas primer yang digunakan, listrik menjadi sumber daya yang sangat membantu masyarakat dalam segala bidang, termasuk dalam bidang usaha. Terbukti pemakaian alat kelistrikan dalam bisnis hidroponik seperti growth light sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, yaitu mempercepat waktu panen. Dengan waktu yang lebih efisien, tentu saja akan selaras dengan peningkatan pemasukan yang berujung pada peningkatan pendapatan finansial dan peningkatan usaha,” tambahnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved