Berita Kediri

Longsor Terjang Mojo Kediri, Rumah Warga Tertimbun Sampai Rusak Berat, Tak Ada Korban Jiwa

Terjadi bencana longsor di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri akibat hujan deras yang mengguyur sejak sore hari, Kamis (23/6/2022).

BPBD Kediri
Suasan petugas melakukan evakuasi pasca terjadi bencana longsor di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Longsor terjadi usai diguyur hujan deras sejak sore hari, Kamis (23/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Terjadi bencana longsor di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri akibat hujan deras yang mengguyur sejak sore hari, Kamis (23/6/2022).

Longsor yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tersebut menimbun rumah milik Slamet (70) warga Dusun Besuki, RT 03 RW 01 hingga rusak berat.

Tak hanya menimbun rumah milik Slamet, longsor juga menyebabkan jalan menggantung di Dusun Besuki RT 02 RW 01 kawasan tikungan grendel rusak hingga menyebabkan kerusakan di rumah warga lainnya.

"Kejadiannya Kamis sore kemarin akibat hujan deras selama beberapa jam. Hujan disertai angin menyebabkan tanah longsor di beberapa bagian Kecamatan Mojo," ungkap Kalaksa BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha Sakaira, Jumat (24/6/2022) pagi.

Randy menuturkan, longsor yang terjadi di beberapa titik tidak menyebabkan korban jiwa. Namun kerusakan materil yang diakibatkan oleh longsor ini cukup besar.

Baca juga: Diguyur Hujan Lebat Sepanjang Malam, Jalan Poros Penghubung Desa di Trenggalek Longsor

Kendati demikian, pihaknya langsung bergerak cepat untuk melakukan evakuasi warga di wilayah yang terdampak longsor.

"Tidak ada korban jiwa. Namun kerugiannya mencapai ratusan juta karena ada beberapa rumah yang terdampak. Untuk pemilik rumah yang terdampak, sudah mengungsi di rumah saudaranya," jelasnya.

Randy mengatakan, berbagai bantuan juga mulai berdatangan terutama dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab Kediri).

"Sebagai wujud perhatian dan turut prihatin Mas Bupati (Mas Dhito), beliau menitipkan bantuan awal berupa selimut buah, tikar, dan kitchen set," katanya.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Kediri juga memberikan bantuan, didampingi Camat, Danramil, Kapolsek, dan Kades. 

"Selanjutnya akan dilakukan kerja bakti dan akan kami koordinasikan untuk tindak lanjut penanganan dengan Perkim, PU, Pariwisata, Dinsos, dan Satpol," pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved