Porprov Jatim VII

Penutupan Porprov Jatim VII Usung Konsep Klasik, Suguhkan Kesenian Lumajang hingga Penampilan Artis

Penutupan ajang Porprov Jatim VII di Lumajang akan usung konsep klasik, unik dan elegan, Suguhkan kesenian khas Lumajang hingga penampilan artis.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Opening Ceremony Porprov Jatim VII di Stadion Jember Sport Garden, Sabtu (25/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Pesta pembukaan Porprov Jatim VII yang digelar di Jember pada 25 Juni 2022 lalu, banyak menyita perhatian masyarakat.

Sentuhan teknologi digital membuat kemasan acara terlihat megah, dan semarak.

Sementara itu, penutupan Porprov Jatim VII mendatang akan digelar di Lumajang.

Informasinya, Pemkab Lumajang telah menyiapkan konsep acara penutupan ajang bergengsi itu. Beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata melakukan rapat untuk membahas konsep acara penutupan Porprov Jatim VII.

Kabarnya, anggaran yang digelontorkan untuk penutupan Porprov Jatim VII tidak sedikit. Kurang lebih dana hibah sebesar Rp 500 juta dari provinsi akan digunakan. Itu pun masih ditambah Rp 100 juta dari alokasi dana APBD. Praktis, event penutupan Porprov Jatim VII yang akan berlangsung pada 3 Juli 2022 mendatang kurang lebih menelan anggaran sekitar Rp 600 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Lumajang, Yuli Haris mengatakan, pihaknya akan membuat closing ceremony yang penuh kejutan. Acara akan dikemas dengan klasik dan elegan. 

Daya tawar yang akan disuguhkan kepada masyarakat di antaranya kesenian khas Lumajang seperti Tari-tarian Godril, Tari Topeng Kaliwungu, serta Tari Kuda Manten alias Jaran Kencak.

Untuk mengimbangi kemegahan saat opening, pihaknya juga akan melibatkan penampilan artis lokal dan nasional. 

"Penutupan Porprov bukan mewah, tapi berbeda dengan yang acara-acara sebelumnya. Jadi, kalau mewah, mewah sana, karena anggarannya lebih besar. Tetapi, kalau unik dan elegannya nanti sepertinya lebih elegan kita, lebih bisa dinikmati," kata Yuli.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang, Agus Triyono mengatakan, Kabupaten Lumajang siap melangsungkan ajang bergengsi Porprov Jatim VII.

Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dishub dan polisi untuk mengatur rekayasa lalu lintas pada hari-H. Sebab, sesuai rencana yang sudah dibicarakan, tamu VVIP alias bupati se-Jawa Timur akan diberangkatkan secara bersama-sama dari Pendopo Arya Wiraraja.

“Jadi agar tidak terlalu crowded, final sepak bola diajukan tanggal 2 Juni. Tujuannya agar penutupan berjalan maksimal. Tidak bisa dibayangkan kalau sore ada pertandingan, terus langsung persiapan upacara penutupan. Tentu itu tidak mungkin," pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Lumajang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved