Berita Kota Mojokerto

Polisi Tangkap Penjahat bak di Film Action dalam Simulasi Sispam di Polres Mojokerto Kota

Polisi bergulat dan menangkap penjahat yang menerobos penjagaan bak di film action, dalam Simulasi Sispam di Polres Mojokerto Kota.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Mohammad Romadoni
Polisi menangkap penjahat yang hendak meneror Polres Mojokerto, dalam Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Mako, Rabu (29/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Antisipasi orang tidak dikenal yang meneror Polres Mojokerto, polisi bersenjata lengkap berjaga di halaman Mapolres Mojokerto Kota, Rabu (29/6/2022).

Terlihat seorang laki-laki tidak dikenal mengenakan kaus biru dan celana jeans tiba-tiba memanjat pagar Mapolres.

Anggota polisi yang berjaga pun sigap berupaya menangkap orang tidak dikenal yang mencurigakan itu.

Bak film action, polisi sempat bergulat dan kemudian berhasil melumpuhkan penjahat yang meneror Polres Mojokerto.

Bahkan, Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan turun langsung memimpin dalam pengamanan tersebut.

Aksi melumpuhkan penjahat ini merupakan bagian Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Mako untuk mengantisipasi ancaman orang tidak dikenal, gangguan atau aksi teror terhadap personel Polri yang sedang melaksanakan tugas pelayanan masyarakat dan penjagaan Mako. 

AKBP Rofiq Ripto Himawan menegaskan, kegiatan tersebut dilakukan agar anggotanya tidak terlena dengan kondisi yang landai dan bisa sigap dalam situasi yang bersifat membahayakan.

“Kita harus tahu apa yang harus kita lakukan terhadap pelaku yang sudah nyata mengancam keamanan Mako dan keselamatan rekan-rekan, jadi harus tahu kapan mencegah masuknya ancaman di Mako Polresta Mojokerto,” ungkapnya, Rabu (29/6/2022).

Menurut AKBP Rofiq Ripto Himawan, setiap personel wajib bertanggung jawab dan fokus pengamanan di titik yang ditempati, meliputi Mako Utama, Pos Penjagaan Sebelah Barat, Pos Penjagaan Timur, Ruang Tahanan, Gudang Senjata, Ruang Komlek/Command Center, Gedung Urkes, Ruang Arsip, Gedung Sat Lantas, dan parkiran UPRC yang ada di dalam Mako.

“Kekuatan harus ditambah dan pastikan di setiap titik itu ada anggota yang membawa senjata, digunakan saat keadaan mendesak melumpuhkan pelaku, masing-masing harus tahu dan faham SOP serta yang harus dikerjakan sesuai Perkap 01,” jelasnya.

Menurut dia, kegiatan Simulasi Sispam Mako ini menekankan aturan yang melindungi Sispam Mako, sehingga sesuai prosedur SOP dengan tujuan utama meminimalisir adanya korban.

“Walaupun ini hanya simulasi, saya minta rekan-rekan pahami, ditirukan dan jadikan bahan diskusi, setelah ini jangan keluar dari lapangan terus hilang begitu saja," ucap AKBP Rofiq Ripto Himawan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Mojokerto

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved