Inflasi AS Bisa Berdampak pada Perekonomian Indonesia? Begini Penjelasan Ekonom Unair

Inflasi Amerika Serikat (AS) bisa berdampak pada perekonomian Indonesia? Begini penjelasan Ekonom Unair Surabaya Wisnu Wibowo.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Ekonom Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr Wisnu Wibowo SE Msi memberikan penjelasan mengenai dampak kenaikan inflasi di negara AS terhadap perekonomian Indonesia, Jumat (1/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Amerika Serikat mengalami inflasi tertinggi selama empat dekade terakhir. Pada Mei 2022, inflasi AS berada di angka 8,6 persen.

Menanggapi hal itu, Ekonom Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr Wisnu Wibowo SE Msi memberikan penjelasan mengenai dampak kenaikan inflasi di negara AS terhadap perekonomian Indonesia.

Menurut Wisnu Wibowo, perekonomian di Indonesia akan merasakan imbas dari inflasi AS.

Area-area yang terdampak di antaranya adalah pasar keuangan, pasar saham, dan kenaikan suku bunga The Fed.

Meski demikian, kata Wisnu Wibowo, pada sisi lain naiknya harga komoditas juga berpotensi memberikan dampak positif bagi Indonesia. Di antaranya adalah terjadinya peningkatan kinerja perdagangan luar negeri Indonesia yang didorong karena kenaikan harga komoditas ekspor, seperti sawit dan batu bara.

Dampak di Pasar Keuangan

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair Surabaya itu menerangkan, bank sentral US (The Fed) mengendalikan inflasi dengan menerapkan kebijakan kenaikan suku bunga acuan. Di pasar keuangan, kebijakan itu dapat memicu terjadinya capital outflow yang disebabkan oleh melebarnya kesenjangan antara suku bunga domestik dan suku bunga internasional (interest spread).

“Dana investasi jangka pendek akan balik kandang ke pasar keuangan US untuk menikmati keuntungan dari selisih bunga yang lebih tinggi,” terangnya, Jumat (1/7/2022).

Dampak di Pasar Saham

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved