Berita Kabupaten Kediri

Penuhi Janji Politik, Bupati Kediri Mas Dhito Pasang Palang Pintu Kereta Api di Perlintasan Sebidang

Penuhi janji politik saat kampanye dulu, Bupati Kediri Mas Dhito memasang palang pintu kereta api di perlintasan sebidang.

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Cegah terjadinya kecelakaan, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana memasang palang pintu di perlintasan Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kediri, Rabu (6/7/2022). Pemasangan tersebut merupakan salah satu wujud realisasi janji politik Mas Dhito di masa kampanye. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Cegah terjadinya kecelakaan, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana memasang palang pintu di perlintasan Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kediri.

Pemasangan palang pintu di perlintasan sebidang itu merupakan salah satu wujud realisasi janji politik yang pernah disampaikan Hanindhito Himawan Pramana saat kampanye.

Mas Dhito, sapaan Hanindhito Himawan Pramana, tak ingin ada insiden kecelakaan, bahkan sampai memakan korban di perlintasan yang berada di daerahnya. 

“Kalau (perlintasan) tanpa palang pintu, risiko terjadi kecelakaan sangat besar. Saya tidak mau hal itu terjadi di Kabupaten Kediri,” kata Mas Dhito, Rabu (6/7/2022).

Putra sulung Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung ini menargetkan proyeksi pemasangan palang pintu di Jalan Merah Dusun Krajan, Desa Branggahan akan rampung pada akhir bulan depan. 

Sedangkan untuk perlintasan lain yang belum terpasang palang pintu masih dalam proses pengkajian untuk dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

“Akhir bulan ini (palang pintu) sudah rampung,” ungkap Mas Dhito.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, Joko Suwono menyebutkan, saat ini proses pembangunan palang pintu di perlintasan Branggahan sedang dalam tahap pemasangan. Selain pemasangan palang pintu, di titik tersebut juga dibangun pos penjagaan.

“Sekarang masih dalam tahap pemasangan palang pintu,” terang Joko Suwono.

Adapun anggaran yang digunakan untuk pemasangan palang pintu dengan lebar 7 meter yang dipasang di 2 sisi perlintasan menghabiskan Rp 191.034.000. Sedangkan, untuk pos jaga Rp 98 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Kediri 2022.

Joko Suwono menerangkan, pihaknya telah mempersiapkan 6 orang petugas penjaga palang pintu di perlintasan tersebut. Mereka direkrut dari warga sekitar dan saat ini sedang menjalani pembekalan di Jombang untuk menjalani proses magang. 

“Kita akan gaji dari APBD. Mereka sedang kita magangkan di Jombang sebelum nantinya benar-benar bertugas menjaga perlintasan,” tetangnya.

Kepala dinas yang gemar bersepeda ini berharap, dengan dipasangnya palang pintu di Branggahan, dapat meningkatkan keamanan, serta mampu memperlancar lalu lintas di daerah tersebut. 

Pasalnya, di perlintasan yang berdekatan dengan simpang Branggahan ini, sering terjadi penumpukan kendaraan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Kediri

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved