Berita Jember

Bupati Hendy Siswanto Ajak Warga Jember Tak Pakai Kantong Plastik untuk Distribusi Daging Kurban

Bupati Hendy Siswanto mengajak warga Jember tidak memakai kantong plastik untuk menditribusikan daging kurban. Bisa pakai daun atau besek.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Ilustrasi - Pemkab Jember memakai besek sebagai pembungkus daging kurban yang dibagikan pada warga, Sabtu (1/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bupati Jember, Hendy Siswanto mengimbau masyarakat agar tidak memakai kantong plastik sebagai media distribusi daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 2022.

Aturan tersebut tertuang melalui Surat Edaran Bupati Jember Nomor 800/1356/35.09.318/2022 tentang Imbauan Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

“Saya meminta kepada seluruh warga muslim di Kabupaten Jember agar tidak memakai kantong plastik untuk penyaluran daging kurban nanti," ujar Hendy Siswanto, Jumat (8/7/2022).

Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan upaya pengurangan sampah kantong plastik di Jember. Sebab, kantong plastik termasuk sampah yang mendominasi di Jember.

Hendy Siswanto menyarankan warga Jember memakai media lain seperti daun atau besek bambu.

Lebih lanjut, dia mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan serta menjaga kebersihan dalam melaksanakan penyembelihan serta pendistribuan daging kurban.

“Siapkan tempat yang bersih, peralatan yang bersih, distribusinya juga yang rapi, jangan sampai ada rebutan daging kurban, buat sistem nomor antrean,” imbaunya.

Hendy Siswanto juga mengajak warga yang mau dan mampu untuk tetap berkurban. Seperti diketahui, hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia termasuk Jawa Timur, dan Jember didera Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Padahal hewan ternak seperti sapi, domba, atau kambing merupakan hewan ternak yang biasa dipakai berkurban di Indonesia.

"Mari tetap berkurban bagi yang mampu dan berkenan," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved