Berita Probolinggo

Kisah Katarina Membangun UMKM Kerajinan Kain Perca, Modal Rp 2 Juta Kini Bisa Berdayakan Emak-emak

Kisah Katarina, srikandi Probolinggo membangun UMKM kerajinan kain perca, modal Rp 2 juta kini bisa berdayakan emak-emak di kampung.

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Danendra Kusuma
Katarina Duhendar Triningrum (48) warga Jalan Argopuro, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, tengah menunjukkan hasil kreasi tas kain perca, Sabtu (9/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Semangat dan keuletan Katarina Duhendar Triningrum (48) warga Jalan Argopuro, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, berbuah manis. Bahkan bisa membawa berkah bagi emak-emak di kampungnya. 

Katarina mengkreasikan limbah kain perca menjadi produk bernilai ekonomis. Salah satu produk yang dihasilkan berupa tas bergaya trendi. Pelanggannya pun sudah tersebar di sejumlah daerah di Indonesia dan mancanegara. 

Katarina mulai merintis UMKM bernama Griya Srikandi yang bergerak di kerajinan dari tas kain perca sejak tahun 2014. 

Ruang produksi kerajinan kain perca bermerek D Recy ini berada di pojok rumah Katarina. Luasnya 8x11 meter. 

Di ruang itulah, Katarina menumpahkan seluruh kreativitasnya. 

"Mulanya, saya bergerak di bank sampah pada 2013. Karena nilai jual sampah plastik cenderung turun. Saya memutar otak lantas beralih ke kerajinan tas kain perca setahun berikutnya. Bank sampah adalah cikal bakal UMKM Griya Srikandi," katanya, Sabtu (9/7/2022). 

Modal awal Katarina untuk membeli kain perca berkisar Rp 2 juta. Uang tersebut merupakan tabungan hasil dari bank sampah

Katarina membeli limbah kain perca di perusahaan garmen yang ada di Kota Probolinggo. Dengan uang itu, Katarina mendapat 62 kg kain peca. Sekilonya berisi lima lembar kain jeans beragam ukuran. 

Limbah lain perca itu pun disulap menjadi produk tas. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved