Berita Kota Madiun

Aturan Baru Naik Kereta Mulai 17 Juli 2022, Penumpang Belum Vaksin Booster Wajib Screening Covid-19

Ada aturan baru naik kereta api mulai 17 Juli 2022, penumpang yang belum vaksinasi booster wajib melakukan screening Covid-19. Berikut selengkapnya.

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Ilustrasi penumpang di stasiun kereta api - Ada aturan baru naik kereta api, yang akan berlaku mulai 17 Juli 2022 mendatang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Ada aturan baru naik kereta api, yang akan berlaku mulai 17 Juli 2022 mendatang.

Pelanggan kereta api jarak jauh yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster wajib screening Covid-19 atau menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

Sedangkan untuk kereta api lokal, penumpang hanya diwajibkan untuk vaksinasi Covid-19 dosis pertama, setelah itu penumpang tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022. 

"Kebijakan ini diharapkan dapat menekan kembali penyebaran Covid-19 di masyarakat," kata Ixfan Hendriwintoko, Senin (11/7/2022).

PT KAI saat ini sudah menyediakan fasilitas vaksinasi Covid-19 di berbagai lokasi stasiun dan klinik kesehatan KAI. 

Jumlah titik vaksinasi ini akan terus ditambah menjelang pemberlakuan SE Kemenhub Nomor 72 tersebut pada 17 Juli 2022 mendatang. 

"Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” tegas Ixfan Hendriwintoko.

Untuk memudahkan validasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19, calon penumpang, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved