Berita Jember

Dam Sembah Jebol, Warga Kecamatan Patrang Jember Kesulitan Air Bersih: Sudah Sebulan

Dam Sembah jebol, warga Kecamatan Patrang Jember kesulitan air bersih, sudah sebulan lamanya. Sejumlah instansi pun memberikan bantuan.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Polres Jember dan Kodim 0824 Jember mendistribusikan bantuan air bersih ke permukiman warga terdampak kesulitan air bersih di Kecamatan Patrang, Jember, Senin (11/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sudah sebulan terakhir ini, warga di tiga RW di Kecamatan Patrang, Jember, kesulitan air bersih, Senin (11/7/2022).

Mereka adalah warga RT 04/RW 12 Lingkungan Tegalrejo Kelurahan Jember Lor, dan Lingkungan Poreng RT 01, 02, 03/RW 15, dan RT 01, 02, 03/RW 16 Kelurahan Gebang.

Warga setempat kesulitan air bersih setelah jebolnya Dam Sembah yang berada di antara Kelurahan Slawu dan Gebang Kecamatan Patrang. Kerusakan dam tersebut membuat saluran irigasi tidak bisa membagi ke sungai kecil yang berada di wilayah RW 15. Hal itu menyebabkan air sumur mengering. Di sisi lain, saluran PDAM terputus.

Setidaknya ada 154 KK yang terdampak akibat kerusakan dam tersebut. Peristiwa ini terjadi sejak awal bulan Juni 2022 lalu.

Hal ini membuat sejumlah pihak mendistribusikan air bersih secara bergiliran.

Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, bersama Dinas PU Cipta Karya dan PDAM Jember yang sejak awal mendistribusikan air ke lokasi terdampak kesulitan air bersih tersebut.

Secara berkala BPBD Jember bersama sejumlah instansi menyalurkan air bersih. Sementara itu Palang Merah Indonesia (PMI) Jember sudah dua kali menyalurkan air bersih ke lokasi tersebut. Total 20.000 liter air bersih sudah didistribusikan dalam dua kali pendistribusian pada 1 dan 7 Juli 2022.

Giliran Polres Jember dan Kodim 0824 Jember yang menyalurkan air bersih ke lokasi tersebut, Senin (11/7/2022).

Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, dan Dandim 0824 Jember, Letkol Inf Batara C Pangaribuan memimpin pendistribusian air bersih itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved