Berita Jember

Musim Hajatan, Harga Bawang Merah dan Cabai di Jember Masih Tinggi, Pedagang Mengeluh

Harga sejumlah komoditas di Jember masih bertahan di harga tinggi beberapa hari setelah Hari Raya Idul Adha. Masih mahalnya harga sejumlah komoditas i

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/SRI WAHYUNIK
Pedagang bawang merah di Pasar Tanjung Jember. Bawang merah termasuk komoditas yang masih bertengger mahal di bulan Juli 2022 ini 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Harga sejumlah komoditas di Jember masih bertahan di harga tinggi beberapa hari setelah Hari Raya Idul Adha. Masih mahalnya harga sejumlah komoditas itu dikeluhkan pedagang keliling (mlijo).

"Banyak yang mahal. Bawang merah masih mahal, cabai juga iya. cabai merah ikut mahal. Tomat masih mahal. Bahkan sampai bawang pre juga mau jual ngecer bingung. Tapi kalau nggak dikulak, nggak punya barang yang dijual," ujar Mbak Yem, seorang mlijo di Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates, Rabu (13/7/2022).

Dari pantauan Tribun Jatim Network, beberapa komoditas yang harganya masih bertengger mahal antara lain bawang merah, tomat, cabai rawit, cabai merah besar, juga ayam ras/broiler.

Bawang merah masih bertengger di harga Rp 60.000 per Kg. Sedangkan tomat di harga Rp 18.000 per Kg, naik dari sepekan lalu yang sudah di angka Rp 15.000 per Kg. "Ayam (broiler) Rp 45.000," imbuh Mbak Yem.

Baca juga: Harga Bawang Merah Lokal di Kota Blitar Mahal, Warga Beralih ke Bawang Merah Impor: Selisih Separuh

Sementara itu cabai rawit masih di angka Rp 90.000 per Kg. Sedangkan cabai merah besar keriting per kilonya di kisaran Rp 90.000 - Rp 92.0000.

Mbak Yem sempat melontarkan celetukan, kenaikan harga komoditas tersebut, karena saat ini banyak orang menggelar hajatan.

"Mungkin selain karena barangnya sedikit, bisa saja karena sekarang banyak orang mantu, bulan haji (sebutan lain untuk Bulan Dzulhijjah)," celetuknya.

Harga survei di pasaran ini tidak jauh berbeda dengan harga yang tertera di Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Provinsi Jawa Timur per 13 Juli 2022.

Dari data Pasar Jember yang masuk ke Siskaperbapo Jatim itu, harga bawang merah di kisaran Rp 66.666 per Kg, sedangkan ayam broiler Rp 44.666 per Kg.

Baca juga: Harga Tiga Jenis BBM Ini Kompak Naik, Warga di Sumenep Kaget, Dihargai Segini per Liternya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved