Berita Kota Blitar

Hari Terakhir Ekskavasi, BPCB Jatim Temukan Pintu Masuk Candi Gedog Blitar di Sebelah Barat

Hingga hari terakhir ekskavasi, BPCB Jatim berhasil menemukan pintu masuk Candi Gedog Kota Blitar yang berada di sebelah barat.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Tim BPCB Jatim melakukan pengukuran di situs Candi Gedog, Kota Blitar, pada hari terakhir ekskavasi, Selasa (26/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Hingga hari terakhir ekskavasi, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) sudah menemukan pintu masuk Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Selasa (26/7/2022). 

Tim BPCB Jatim menemukan pintu masuk Candi Gedog berada di sebelah barat.

"Kami temukan sisa-sisa koridor pintu masuk di sebelah barat. Kalau pintu di sebelah barat artinya orang masuk menghadap ke arah timur," kata Arkeolog BPCB Jatim, Nugroho Harjo Lukito

Nugroho Harjo Lukito mengatakan, dari temuan itu, BPCB Jatim menyimpulkan Candi Gedog menghadap ke barat. Tapi, orientasi kiblat aktivitas religi di candi mengarah ke timur. 

"Bangunan candi menghadap ke barat, tapi orientasi kiblat religinya ke timur. Timur ini berarti arah mata angin yang juga bisa diartikan simbol kehidupan arah matahari terbit," ujarnya.

Selain itu, kata Nugroho Harjo Lukito, BPCB juga menemukan satu lagi sisa struktur yang diduga bangunan candi perwara di sisi barat. 

Candi perwara merupakan candi kecil yang berada di depan bangunan candi induk.

"Tapi itupun juga belum tampak keseluruhan karena masih ada sebagian mengarah ke utara dan terpendam. Untuk itu, tahun depan kami lanjutkan ekskavasi dengan membuka sisi utara mengarah ke barat," katanya. 

Dikatakannya, untuk dinding luar candi di sebelah utara juga sudah ditemukan. Dengan temuan itu, BPCB sudah bisa memprediksi luas bangunan candi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved