Berita Jember

Gunung Raung Erupsi, Warga Jember Diimbau Tidak Panik Namun Tetap Waspada dan Bermasker

Gunung Raung erupsi, warga Jember diimbau tidak panik, tetap tenang namun waspada dan bermasker. Pemakaian masker untuk mengantisipasi sebaran debu.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Gunung Raung terlihat dari Kecamatan Sumberjambe, Jember, Kamis (28/7/2022). Gunung Raung mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada Rabu (27/7/2022) petang. BPBD Jember mengimbau warga untuk tidak panik, namun tetap waspada. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Gunung Raung erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada Rabu (27/7/2022) petang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengimbau warga untuk tidak panik, namun tetap waspada.

Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo menuturkan, pihaknya bersama relawan di sejumlah kecamatan di bawah Gunung Raung terus memantau perkembangan kondisi gunung api yang berada di tiga kabupaten (Jember, Bondowoso, Banyuwangi) di Jawa Timur itu.

"Memang kemarin petang ada abu vulkanik yang dirasakan sampai di Jember, seperti di Kecamatan Sumberjambe dan Ledokombo, karena memang jaraknya dekat. Namun laporan hari ini tidak ada lagi," ujar Heru Widagdo kepada Tribun Jatim Network, Kamis (28/7/2022).

Sebaran abu vulkanik itu dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Jember karena terbawa angin.

Lebih lanjut Heru Widagdo meminta warga tetap waspada, namun tidak panik.

"Tidak perlu panik, tetap tenang, meski harus tetap waspada. Karena kondisi gunung memang tidak bisa diprediksi. Tentunya, kami terus memantau kondisi gunung melalui laporan yang disampaikan oleh petugas Pos Pengamatan Gunungapi Raung di Banyuwangi," ujar Heru Widagdo.

Dia juga menyarankan warga yang beraktivitas di luar rumah tetap memakai masker. Pemakaian masker ini untuk mengantisipasi masih adanya sebaran debu mengarah ke Jember.

Sebelumnya, pada Rabu (27/7/2022) pukul 17.19 WIB, Gunung Raung mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak (+/- 4.832 di atas permukaan laut). Kolom teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 32 mm dan durasi 540 detik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved