Berita Jatim

Pengamat Sarankan PKB Gelar Konvensi untuk Pilpres 2024, DPW Jatim: Sudah Bulat, Gus Muhaimin Maju

Pengamat politik menyarankan PKB menggelar konvensi untuk Pilpres 2024, DPW Jatim: Gus Muhaimin maju itu sudah bulat dan final.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Muhaimin Iskandar - Keinginan kader DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur (PKB Jatim) untuk mengusulkan nama Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin di Pilpres 2024 telah final dan bulat. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Keinginan kader DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur (PKB Jatim) untuk mengusulkan nama Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin di Pilpres 2024 telah final dan bulat.

Bahkan PKB Jatim menyebut, partainya tak perlu melakukan konvensi untuk menentukan siapa calon yang ingin diberangkatkan.

Pernyataan ini disampaikan Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi, menanggapi saran dari Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi, bahwa PKB perlu melakukan konvensi untuk mencari kandidat Cawapres mendampingi Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

Karena, Gus Muhaimin atau Cak Imin dinilai belum memiliki elektabilitas yang mumpuni. Hal ini menyusul rencana koalisi antara Partai Gerindra dengan PKB.

Fauzan Fuadi lantas mempertanyakan hal tersebut.

"Siapa presiden atau wakil presiden di Indonesia yang terpilih dari hasil konvensi partai? Kalau ada sejarah parpol mengadakan konvensi dan calonnya berhasil terpilih, bolehlah nanti Jawa Timur mencoba mengusulkan konvensi," kata Fauzan Fuadi, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: PKB Bakal Deklarasi Gus Muhaimin Capres 2024 Pada Harlah ke-24, Target Bisa Menang

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim itu merasa partainya tak perlu melakukan konvensi dalam penjaringan calon. Sebab, dia memastikan calon yang diinginkan para kader hanyalah ketua umum mereka, yakni Gus Muhaimin atau Cak Imin.

Menurutnya, kader PKB mendambakan Cak Imin maju di Pilpres 2024.

"Konvensi itu kan tujuannya menjaring, karena belum punya calon. Kalau sudah punya calon, buat apa konvensi. Lebih baik anggarannya kita buat kaderisasi anggota partai," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya dikutip dari Kompas.com, PKB disarankan menggelar konvensi untuk mencari kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Menurut Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi, langkah tersebut perlu ditempuh karena Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin disebut tak memiliki elektabilitas yang mumpuni.

“Jika ingin lebih ‘berbunyi’ sebaiknya PKB terbuka untuk kandidat-kandidat selain Cak Imin,” tutur Ari pada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved