Berita Kediri

Digitalisasi Penyaluran Bantuan, Pemkot Kediri Terbitkan Kartu Harmoni Sejahtera

Smart City Kota Kediri terus berinovasi menangani berbagai masalah perkotaan yang semakin kompleks. Salah satunya permasalahan kemiskinan yang butuh p

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Contoh Kartu Harmoni Sejahtera yang diterbitkan Pemkot Kediri bekerjasama dengan Bank Jatim. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Smart City Kota Kediri terus berinovasi menangani berbagai masalah perkotaan yang semakin kompleks. Salah satunya permasalahan kemiskinan yang butuh penanganan terintegrasi dan berkelanjutan. 

Upaya itu diwujudkan dengan pembuatan Kartu Harmoni Sejahtera (KHS) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui KHS diharapkan mampu mewujudkan smart society. 

Pada smart society ini terdiri dari tiga hal. Pertama, membangun masyarakat yang smart (community). Kedua, membangun sistem edukasi (learning). Ketiga, menjamin keamanan dan keselamatan (security).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat peluncuran KHS akhir pekan lalu menyampaikan, Pemkot Kediri terus berupaya melakukan penyederhanaan pelayanan masyarakat. 

Salah satunya penyederhanaan dalam distribusi bantuan. Upaya penyederhanaan ini dilakukan melalui Kartu Harmoni Sejahtera yang bekerjasama dengan Bank Jatim.

Baca juga: Ikut Touring saat Kediri Scooter Festival 5, Wali Kota Kediri Cerita Alasan Beli Vespa Excel 200

Dengan Kartu Harmoni Sejahtera dilakukan upaya digitalisasi penyaluran bantuan Pemkot Kediri melalui Kantor Dinas Sosial terletak di satu kartu yang bisa diambil masyarakat penerima manfaat melalui ATM Bank Jatim. 

Beberapa bantuan yang disalurkan melalui KHS diantaranya, Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD), bantuan anak yatim piatu terdampak Covid-19, dan anak berhadapan dengan hukum. 

Ke depan dikembali untuk bantuan Asistensi Lanjut Usia (ASLUT) dan bantuan orang dengan kecacatan berat akan disalurkan melalui Kartu Harmoni Sejahtera.

"Sekarang kita berikan bantuan tidak langsung pakai Kartu Harmoni Sejahtera. Masyarakat bisa memanfaatkan bantuan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Harapannya ini bisa menambah kesejahteraan masyarakat Kota Kediri," ujarnya. 

Dengan digitalisasi bantuan melalui Kartu Harmoni Sejahtera meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam penyaluran bantuan. 
Akuntabilitas dan transparasi penyaluran bantuan terlihat dengan adanya Kartu Harmoni Sejahtera dan bantuan lebih tepat sasaran.

"Kami menjawab keraguan masyarakat atas penyaluran bantuan sosial. Semua lebih transparan," ungkapnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved