Berita Jember

Jember Miliki Satgas PPA, Berikan Jaminan Rasa Aman dan Nyaman untuk Perempuan dan Anak

Jember kini memiliki Satgas PPA, berikan jaminan rasa aman dan nyaman serta mempercepat penanganan perkara yang melibatkan perempuan dan anak.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Peluncuran Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Jember, di Pendopo Bupati Jember Wahyawibawagraha, Jember, Rabu (10/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kabupaten Jember kini memiliki Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Satgas ini diluncurkan di Pendopo Wahyawibawagraha Jember, Rabu (10/8/2022).

Satgas PPA ini diinisiasi oleh Polres Jember. Jabatan ketua ditempati oleh anggota Polres Jember, sedangkan anggotanya berisikan perwakilan dari beberapa lembaga di Pemkab Jember, seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, juga Dinas Sosial. Juga ada pengadaan layanan seperti LBH Jentera Indonesia, dan psikolog.

Instansi lain juga terlibat adalah Kejaksaan Negeri Jember, dan Kementerian Agama Jember.

Bupati Jember, Hendy Siswanto memimpin peluncuran Satgas PPA tersebut.

Saat menyampaikan paparan, Ketua Satgas PPA Kabupaten Jember, Iptu Eko Yulianto mengatakan, pembentukan Satgas PPA ini mengacu pada Surat Kapolda Jawa Timur No : STR/881/VII/PAM.3.3./2022 tanggal 20 Juni 2022 tentang pembentukan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak guna mencegah dan menangani maraknya kasus/aksi pencabulan di wilayah Jawa Timur.
 
"Adapun tujuan dari kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dalam memberikan jaminan rasa aman dan nyaman serta memberikan edukasi bagi masyarakat, dan mempercepat penanganan perkara yang melibatkan perempuan dan anak," ujar Iptu Eko Yulianto yang juga Kepala Urusan Pimpinan Operasional Satreskim Polres Jember.

Iptu Eko Yulianto menambahkan, Satgas dibentuk berisikan perwakilan lintas stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Jember.

"Serta penanganan korban dan penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan kekerasan pada perempuan dan anak Kabupaten Jember," imbuh Iptu Eko Yulianto.

Sementara Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo mengatakan, terbentuknya Satgas PPA merupakan kolaborasi dari Polres Jember, Kejaksaan Negeri Jember, Dinas Sosial Kabupaten Jember, Dinas Perempuan dan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Psikolog, dan Kementerian Agama Kabupaten Jember.

"Keberadaan Satgas ini kami harapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, serta menekan angka kekerasan pada perempuan dan anak di Kabupaten Jember," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved