Berita Jatim

Monitoring ke Daerah, KPU Jatim Siapkan Verifikasi Administrasi Parpol Sebagai Calon Peserta Pemilu

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan supervisi dan monitoring ke sejumlah KPU kabupaten/kota.

TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Komisioner KPU Jatim saat melakukan supervisi dan monitoring ke daerah 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan supervisi dan monitoring ke sejumlah KPU kabupaten/kota. 

Hal ini guna memastikan, berjalannya layanan helpdesk serta persiapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan parpol. 

Supervisi dan monitoring ini dilakukan para anggota KPU Jatim ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Di antaranya Surabaya, Kabupaten Mojokerto, dan Kediri. Lalu Situbondo, Bondowoso, Jember dan sejumlah daerah lain. 

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim Insan Qoriawan menjelaskan, layanan helpdesk sebelumnya telah dibuka untuk memfasilitasi dan melayani konsultasi pemenuhan persyaratan parpol sebagai Peserta Pemilu. 

"KPU RI telah mengintruksikan kepada seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk membuka helpdesk," kata Insan, Senin (15/8/2022). 

Baca juga: KPU Kabupaten/Kota Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Keanggotaan Parpol Pekan Depan

Layanan ini memang dibuka seiring dimulainya tahapan pendaftaran parpol peserta pemilu pada 1 Agustus 2022 hingga penetapan partai politik menjadi peserta pemilu pada 14 Desember 2022 mendatang. 

Sementara terkait persiapan menghadapi verifikasi administrasi, Insan menyebut kegiatan turun ke daerah tersebut juga dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan. 

Verifikasi administrasi terhadap dokumen persyaratan keanggotaan parpol akan berlangsung 16 hingga 29 Agustus 2022. 

"Kami ingin memastikan mulai dari ketersediaan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia yang mencukupi,” kata Insan yang mantan anggota KPU Kabupaten Pasuruan itu. 

Disisi lain, KPU Jatim juga turut memastikan ketersediaan jaringan internet yang mumpuni. 

Sebab, verifikasi administrasi dilakukan dengan mencocokkan data keanggotaan yang telah diinput terhadap dokumen yang telah diunggah oleh parpol pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved