Berita Gresik

Melihat Uniknya Pasar Djadoel Grisse, Aneka Jajanan Khas Turut Disajikan

Makanan tradisional Kabupaten Gresik kini bisa dijumpai dengan mudah. Semuanya terkumpul di GressMall dalam acara Pasar Djadoel Grisse

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
Istimewa/ Humas Pemkab Gresik
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (baju putih) membuka Pasar Djadoel Grisse di Gressmall, Senin (15/8/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Makanan tradisional Kabupaten Gresik kini bisa dijumpai dengan mudah. Semuanya terkumpul di GressMall.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani membuka Pasar Djadoel Grisse, Senin (15/8/2022).

Di masa kolonial, Kabupaten Gresik disebut sebagai Grisse. Nah, Pasar Djadoel tersebut dibuka mulai hari ini 15 hingga 20 Agustus. Jenis makanan atau kuliner tradisional yang disajikan di antaranya Arang-arang Kambang, Sego Karak, Kupat Keteg, Bubur Campur, Krawu, Masin, Endok Dukang, Endog Bader dan lainnya.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yani, sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat dijadikan salah satu penggerak kebangkitan ekonomi nasional. Karena itu sejumlah hambatan di sektor UMKM harus segera diatasi agar peluang pertumbuhan ekonomi pasca Pandemi bisa di realisasikan. Seperti halnya pasar djadoel ini.

"Dengan adanya Pasar Djadoel seperti ini secara tidak langsung kita telah membuat pasar baru dimana kita mengenalkan jajanan Gresik, Jajanan Djadoel di kalangan yang berbeda atau menengah kebawah sehingga dapat membuka peluang baru bagi UMKM," terangnya.

Gus Yani berharap kepada pedagang yang ada juga dapat menyesuaikan pemasaran modern seperti digitalisasi melalui sosial media maupun E Commerce, Karena tranformasi ekonomi digital menjadi hal yang penting untuk segera dilakukan.

Ditengah kemajuan teknologi didorong untuk mengikuti kemajuan tersebut melalui beberapa macam aplikasi sangat membantu kita terutama pelaku UMKM dalam pemasaran produk makanan dan minuman lokal.

"Yang lokal jangan sampai ditinggalkan termasuk jajanan tradisional ini harus kita kenalkan melalui pameran kali ini dijadikan sebuah pengenalan. Selanjutnya kita dorong melalui sarana modern untuk masuk kedalam marketplace," terangnya.

Mantan ketua DPRD Gresik juga mengapresiasi langkah Omah Dhuafa bisa menumbuhkan trafic pengunjung di Gressmall serta upaya dalam meningkatkan UMKM Kabupaten Gresik bisa berkembang dengan baik sesuai harapan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Baca juga: Wujudkan UMKM Bisa Punya Restoran, Sekai Gelar Kompetisi Dapur Sekai

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved